Terkendala Izin, Festival Harmoni Lobar Dibatalkan

  • Whatsapp
KADIS Pariwisata Lobar, H. Saepul Ahkam. Foto: ist
KADIS Pariwisata Lobar, H. Saepul Ahkam. Foto: ist

LOBAR – Pembukaan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 yang sekiranya menampilkan 63 Penari Gandrung dan pemain Gendang Beleq secara kolosal di Taman Narmada, Sabtu (27/3/2021), mendadak dibatalkan. Informasi yang diperoleh media, kegiatan ini belum mendapatkan izin dari aparat kepolisian.

Dikonfirmasi terkait dibatalkannya acara ini, Kadis Pariwisata Lobar, H. Saepul Ahkam, membenarkannya. Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar berencana menggelar kegiatan wisata itu dengan format baru. ”Mohon maaf dengan sangat prihatin, pembukaan rangkaian event Harmoni Lombok Barat hari ini di Taman Narmada dengan terpaksa kami batalkan karena beberapa alasan non teknis,” kata Saepul Akhkam, Sabtu (27/3/2021).

Bacaan Lainnya

Akhkam menyampaikan pembatalan pembukaan tersebut tidak membuat rangkaian kegiatan Harmoni Lombok Barat terhenti. Pihaknya telah menyiapkan format yang menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru, agar kegiatan wisata itu dapat berjalan di masa pandemi Covid-19. ”Kita tetap akan menampilkan para seniman tari Gandrung itu, akan tetapi dengan format yang berbeda. Yang semula secara kolosal, nantinya kita akan rekam untuk dibuatkan filmnya,” paparnya.

Akhkam menyebut pementasan Tari Gandrung dan pemain Gendang Beleq tersebut akan berlangsung di 13 titik destinasi wisata yang ada di Kecamatan Narmada dan Kecamatan Lingsar. Hal ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap para seniman Tari Gandrung dan Gendang Beleq yang tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga :  Panglima TNI-Kapolri Tinjau Vaksinasi di Puskesmas II Denpasar Selatan

Selain itu, adanya kegiatan Harmoni Lombok Barat tersebut merupakan salah satu cara pemerintah untuk tetap menggerakkan aktivitas ekonomi dan kreativitas. Serta mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat. ”Sanggar-sanggar tari Gandrung tetap kita libatkan. Nantinya kita akan bagi 63 penari ini untuk tampil di 13 titik destinasi yang ada di Narmada dan Lingsar. Kita beri kesempatan para penari Gandrung itu untuk menari secara utuh, kemudian kira rekam dan kita siarkan melalui salah satu stasiun televisi,” ucapnya.

“Bagaimanapun juga di tengah sulitnya ekonomi akibat pandemi Covid-19, para seniman ini tetap harus kita beri apresiasi, kita beri wadah untuk tetap berkreasi,” imbuh Akhkam.

Seperti diketahui, Dispar menyiapkan Festival Harmoni Lombok Barat 2021 di Taman Narmada yang juga dihajatkan sebagai rangkaian HUT ke-63 Kabupaten Lombok Barat pada 17 April mendatang. Karena masalah non teknis, pembukaan kegiatan wisata ini batal dilaksanakan. ade

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.