Tanamkan Konsep ‘’Pesaja’’, Strategi Sukses Membangun Usaha Koperasi

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta saat menjadi narasumber pada acara Bimtek Koperasi Reborn and Rebound bertempat di Gedung Mall Pelayanan Publik Sewaka Dharma, Lumintang Denpasar, Kamis (21/10/2021). Foto: ist
BUPATI Suwirta saat menjadi narasumber pada acara Bimtek Koperasi Reborn and Rebound bertempat di Gedung Mall Pelayanan Publik Sewaka Dharma, Lumintang Denpasar, Kamis (21/10/2021). Foto: ist

DENPASAR –  ‘’Tetaplah jaga jati diri koperasi, tanamkan konsep pesaje, jaga likuidas dan pahami konsep laporan keuangan,’’ pesan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat menjadi narasumber pada Bimtek Koperasi Reborn and Rebound bertempat di Gedung Mall Pelayanan Publik Sewaka Dharma, Lumintang Denpasar, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menggerakkan koperasi untuk tetap produktif dan kreatif pada masa pandemi. Maka koperasi perlu memberikan layanan pembiayaan kepada anggota dengan cara digitalisasi di tengah berbagai aturan pembatasan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam melakukan proses digitalisasi, koperasi dituntut memahami, menguasai dan manajemen harus berkomitmen, dengan melakukan beberapa hal seperti pelatihan, konsultasi dan pendampingan secara berkelanjutan dengan melibatkan pihak-pihak berkompeten sesuai bidangnya.

Bupati Suwirta membawakan materi ‘’Transformasi Pelayanan Koperasi Memenangkan Persaingan di Era Pandemi (Best practice Koperasi di Kabupaten Klungkung)’’. Suwirta dalam paparannya menyampaikan, dalam menggerakkan koperasi pada masa pandemi ini diperlukan beberapa hal.

Di antaranya, pertama, adanya regulasi sebagai pedoman. Kedua, komitmen bersama sebagai kekuatan. Ketiga, kepekaan dalam membaca perubahan, menangkap peluang, membaca ancaman, membuat promosi dan strategi.

Suwirta menyatakan tetap menerapkan konsep ekonomi berbasis kerakyatan, menjalin kerjasama dengan KUD/koperasi dengan BUMDes, mengelola beberapa inovasi yang bekerjasama dengan koperasi seperti Bima Juara, TOSS Center, Garam Beryodium Kusamba, Angkutan Siswa Gratis, rumah keong, dan pelatihan digitalisasi serta membuat regulasi tentang hal tersebut.

Baca juga :  KPU Ajak Pilkada Karangasem Ramah Lingkungan

Turut hadir dalam bimtek tersebut Plt. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Denpasar, I Made Saryawan, dan para perwakilan pengurus serta perwakilan anggota koperasi di Kota Denpasar. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.