Survei Elektabilitas Sementara Unggul, Zulkieflimansyah Tetap Waspada

ZULKIEFLIMANSYAH (kanan) bersama Suhaili FT saat menghadiri Rakerda Bapera Provinsi NTB. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, MATARAM – Sejumlah lembaga survei nasional merilis elektabilitas kandidat yang berpeluang tampil pada Pilkada Gubernur NTB 2024. Hasilnya, Zulkieflimansyah bersama mantan pendampingnya, Sitti Rohmi Djalilah, bergantian memuncaki top skor tingkat elektabilitas kandidat.

Gubernur NTB periode 2018-2023 , Zulkieflimansyah, mengaku mengapresiasi sejumlah lembaga survei yang merilis hasil survei, dan menempatkan dia dan pesaingnya, Rohmi, di posisi dominan. “Peringkat tertinggi di lembaga survei nasional itu bukan membuat kami berpuas diri, tapi itu bentuk sebuah kewaspadaan,” ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Bacaan Lainnya

Bang Zul, panggilan karib politisi PKS ini, menilai lembaga survei yang mengeluarkan hasil survei tentu akurasi dan presisinya bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, dilakukan melalui metodologi ilmiah dan ilmu pengetahuan.

Hanya, dia tetap mengedepankan kewaspadaan terhadap lembaga survei yang berpotensi terafiliasi ke paslon tertentu. Lebih-lebih waktu pertarungan masih cukup panjang, sehingga perubahan masih terbuka terjadi. “Tapi juga kami tidak boleh terlena, karena sekarang itu banyak lembaga survei berfungsi sebagai konsultan paslon,” tudingnya tanpa merinci tuduhannya.

Lebih lanjut dikatakan, pertarungan politik di Pilkada masih sangat dinamis, sehingga pergerakan tingkat elektabilitas juga masih sangat dinamis. Mengingat keadaan itu, Zulkieflimansyah mendaku membentuk tim survei internal dalam rangka menjaga objektivitas terhadap dia bersama pasangannya, Suhaili FT.

Baca juga :  Haryadi Parwatha Terpilih Jadi Calon Dirut Tirta Tohlangkir

“Kami apresiasi hasil lembaga survei yang ada, tapi kami juga punya lembaga survei sendiri yang lebih objektif. Kami tidak ternina-bobokan oleh survei lembaga lain,” tandas Zulkieflimansyah.

Sebelumnya, sejumlah lembaga survei yakni LSI, PRC, Kedai Kopi, Poltracking, dan OMI, merilis hasil survei terbaru terkait Pilgub NTB 2024. Dari hasil survei tersebut, pasangan Zulkieflimansyah dan Suhaili Fadhil Thohir (Zul-Suhaili) tampak mendominasi dukungan di antara para calon lain yang akan maju ke Pilgub NTB 2024.

Hasil survei LSI, dengan simulasi empat nama calon, menunjukkan Zulkieflimansyah di posisi teratas dengan 35,5%, diikuti Suhaili Fadhil Thohir dengan 14,1%, Sitti Rohmi Djalillah dengan 10,9%, dan Lalu Pathul Bahri dengan 4,4%. Sebanyak 35,1% responden masih belum menentukan pilihan.

Begitu juga hasil Survei PRC yang dilakukan pada 9-18 Juni 2024 lalu dengan simulasi 10 nama calon. Zulkieflimansyah tetap memimpin dengan 25,4%, diikuti Sitti Rohmi Djalillah dengan 17,3%, Suhaili Fadhil Thohir dengan 10,5%, dan M. Sukiman Azmi dengan 6,6%.

Kemudian di Survei Kedai Kopi yang berlangsung pada 20-29 Mei 2024 dengan simulasi empat calon menunjukkan hasil serupa. Zulkieflimansyah unggul dengan 27,7% dukungan, diikuti Sitti Rohmi Djalillah dengan 19,9% , Suhaili Fadhil Thohir dengan 17% , dan Lalu Muhammad Iqbal dengan 10,9% . Sebanyak 23,6% responden belum menentukan pilihan.

Terakhir hasil Survei OMI dengan simulasi empat pasangan calon, pasangan Zul-Suhaili berada di puncak dengan 50,5%. Pasangan Iqbal-Dinda memperoleh 11,6% , Rohmi-Musyafirin mendapat 10,4%, dan Pathul-Syafruddin 5%. Sebanyak 22,5% responden belum menentukan pilihan. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.