Stok Darah Menipis, PMI Buleleng Rutin Gelar Donor Keliling

  • Whatsapp
PELANTIKAN Ketua PMI Buleleng untuk periode kedua bersama Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Buleleng Masa Bakti 2020-2025 pada Rabu (20/1/2021). foto: ist

BULELENG – Untuk mengantisipasi ketersediaan stok darah yang mulai menipis terutama dimasa pandemi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Buleleng, Bali rutin menggelar donor darah secara keliling dengan cara melibatkan komunitas-komunitas sosial yang ada di Buleleng.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra, Rabu (20/1/2021), usai dilantik sebagai Ketua PMI Buleleng untuk periode kedua, masa bakti 2020-2025, di ruang rapat Lobi Kantor Bupati Buleleng.

Bacaan Lainnya

Sutjidra mengatakan, sejauh ini PMI Buleleng terus menggalakkan donor darah keliling sebab pada masa pandemi Covid-19 kebutuhan darah terus meningkat. Apalagi ada persiapan penanganan Covid-19 dengan plasma konvalesen.

Menurut Sutjidra, stok darah tidak saja dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 semata, melainkan juga untuk keadaan-keadaan lain seperti kasus demam berdarah, kegawatdaruratan, sampai dengan kecelakaan.

“Kami terus berkeliling, agar bisa mengumpulkan darah yang banyak dan memastikan PMI Buleleng tidak pernah kekurangan stok darah,” kata Sutjidra.

Kedepan, PMI harus berkontribusi lebih efektif dan efisien membantu masyarakat Buleleng. Saat ini pada musim hujan, beberapa wilayah di Buleleng mengalami musibah banjir dan longsor dan perlu ada perhatian lebih dari PMI.

Baca juga :  Liburkan Siswa, Karangasem-Klungkung Tunggu Petunjuk Provinsi

Disisi lain, dana operasional PMI Buleleng, kata Sutjidra masih mencukupi. Walaupun kegiatan-kegiatan PMI khususnya Bulan Dana agak terhambat oleh situasi pandemi, namun Pemkab telah mengucurkan hibah untuk dana operasional PMI untuk melakukan kegiatan harian. Dana itu juga dipakai untuk peningkatan SDM yang sebelumnya sudah direncanakan. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.