STKIP Agama Hindu Amlapura Bersih-bersih di Pura Gumang

  • Whatsapp
STKIP Agama Hindu Amlapura melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang areal Pura Gumang, Desa Bugbug, Karangasem, Jumat (1/10/2021). Foto: nad

KARANGASEM – Merayakan dies natalis ke-35 sekaligus merayakan Hari Kesaktian Pancasila, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Amlapura melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah di sepanjang areal Pura Gumang, Desa Bugbug, Karangasem, Jumat (1/10/2021).

Pembimbing Akademik (PA) di Kelas Eksekutif Prodi Agama Hindu sekaligus Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, I Komang Badra, mengatakan kegiatan tersebut diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang diikuti juga perwakilan HMP, penerima KIP Kuliah dan perwakilan masing-masing kelas di kampus tersebut.

Bacaan Lainnya

Dipilihnya Pura Gumang, jelasnya, karena saat ini sedang adakarya, dan pastinya banyak umat yang tangkil. Karena banyak yang datang, tentu ada yang makan dan minum, sehingga menyisakan sampah plastik di sepanjang areal pura.

“Tujuan kegiatan ini untuk merayakan Dies Natalis STKIP Agama Hindu Amlapura yang ke-35 sekaligus merayakan Hari Kesaktian Pancasila yang kami kemas dalam bentuk membersihkan kawasan suci pura dari polusi sampah plastik,” kata Badra.

Badra berharap kepada umat atau pamedek yang pedek tangkil atau ngaturang bakti ke Pura Gumang, juga ke pura-pura yang lain, agar tidak membuang sampah plastik sembarangan di kawasan suci pura. Dia mengimbau ketika makan dan minum serta yang lainnya agar membawa sampahnya turun ke bawah. “Buang ke tempat sampah yang sudah disediakan, sehingga kesucian pura tetap terjaga,” ajaknya bernada harap.

Baca juga :  Piala AFC 2020: Bali United Tumbang di Markas Svay Rieng

Dia menambahkan, kegiatan ngayah tidak hanya dengan cara ngaturang bakti ke pura, tapi juga bisa sambil membersihkan lingkungan sebagai aplikasi dari ajaran Tri Hita Karana. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.