Sosialisasi PK21-Bangga Kencana, BKKBN Sambangi Desa Kertha Mandala

  • Whatsapp
BKKBN menggelar sosialiasi Pendataan Keluarga (PK) dan Program Bangga Kencana di Desa Kertha Mandala, Abang, Karangasen, Jumat (7/5/2021). Foto: ist
BKKBN menggelar sosialiasi Pendataan Keluarga (PK) dan Program Bangga Kencana di Desa Kertha Mandala, Abang, Karangasen, Jumat (7/5/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan anggota Komisi IX DPR RI tidak henti-hentinya memberi informasi kepada masyarakat. Kali ini, BKKBN menyambangi Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem untuk Sosialiasi Pendataan Keluarga (PK) 2021 dan Program Bangga Kencana serta membagikan sembako dan bantuan lainnya, Jumat (7/5/2021).

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengatakan Desa Ketha Mandala perlu perhatian khusus karena masih banyak yang perlu diperbaiki. Ia berterima kasih karena sudah memilih Desa Kertha Mandala untuk diberikan Sosialiasai PK-Bangga Kencana dan bantuan sembako. Apalagi karena kondisi ekonomi masyarakat yang hanya bersumber dari pertanian dan perternakan.

Bacaan Lainnya

“Pada saat kader melakukan pendataan, saya harap masyarakat memberikan data yang sebenar-benarnya, karena BKKBN perlu data yang sangat akurat dan tentunya dengan menerapkan prokes,” ujar Dana.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus Putro Proklamasi, juga mengharapkan hal yang serupa. Iameminta pada kader di lapangan agar tetap menerapkan prokes selama pendataan berlangsung. “Supaya mendapat data yang valid dan sejelas-jelasnya karena suksesnya pendataan keluarga untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Agus menambahkan dari hasil pendataan, data yang sudah masuk server 36,92 persen untuk Provinsi Bali, sedangkan untuk di Karangasem sudah mencapai 41,39 persen. Hanya tinggal lagi tiga minggu untuk memanfaatkan pendataan secara optimal.

Baca juga :  Secara Nasional, Pasien Sembuh Covid-19 Bertambah 243 Orang, Meninggal hanya 8 Orang

Data ini akan digunakan dalam pengambilan kebijakan dari masyarakat untuk masyarakat.”Kebutuhan data ini kita gunakan dalam rangka pengambilan kebijakan, sehingga data ini dapat digunakan baik untuk pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, maupun di tingkat desa,” tuturnya.

Dalam sosialisasi PK-Bangga Kencana di Desa Kertha Mandala, anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariasa Adnyana, tak henti-hentinya mengingatkan tentang prokes dan bahaya Covid-19. Ia juga medukung penuh proses pendataan keluarga yang dilaksanakan BKKBN.”Tugas BKKBN cukup berat karena menjadi kordinator penanganan stunting (tengkes), bukan hanya menangani masalah Keluarga Berencana,” ucapnya.

Sempat berbincang dengan Bupati Karangasem, Kariyasa akan berusaha memperbaiki rumah sakit wilayah untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Ia juga mengharapkan bersama-sama menekan pertumbuhan kurang gizi pada anak. “Jika stunting dibiarkan, ini akan mengancam masa depan bangsa. Tetaplah menaati protokol kesehatan dan masyarakat harus di vaksinasi,” pungkasnya. rls

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.