“Sigap Lapor”, Inovasi Bawaslu Terima Laporan Digital

PESERTA sosialisasi aplikasi Sigap Lapor melihat ke layar komputer yang memperlihatkan tampilan aplikasi tersebut, Kamis (10/3/2022). Foto: hen

DENPASAR – Sebagai lembaga pelayanan masyarakat, Bawaslu selalu melakukan inovasi untuk mempermudah dalam melayani publik. Setelah meluncurkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) pada tahun 2019, kini Bawaslu membuat satu aplikasi yang mempermudah masyarakat melakukan laporan pelanggaran bernama Sigap Lapor (Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran dan Laporan).

Hal tersebut diungkapkan Tim Asistensi Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI, Ahmad Amrullah, supervisi dalam rangka pembinaan dan identifikasi kesiapan penggunaan Sigap Lapor di Kantor Bawaslu Bali, Kamis (10/3/2022).

Bacaan Lainnya

Ahmad mengatakan, aplikasi Sigap Lapor ini akan diluncurkan Bawaslu dalam waktu dekat. Selain berfungsi sebagai penerimaan laporan online atau daring, terangnya, Sigap Lapor ini juga melayani permintaan data terkait penanganan pelanggaran untuk penelitian mahasiswa. Juga permintaan data di level Bawaslu RI sampai dengan Bawaslu kabupaten/kota.

“Selain bisa melapor, dalam Sigap Lapor ini melayani juga permintaan data untuk penelitian dari mahasiswa. Tentu sepanjang data tersebut bersifat umum dan bukan termasuk informasi yang dikecualikan,” urainya.

Menyambut baik lahirnya aplikasi itu, Ketua Bawaslu Bali, Ketut Ariyani, berharap adanya Sigap Lapor bisa memaksimalkan penerimaan laporan dari masyarakat. Dia juga bercerita tercetusnya ide pembuatan aplikasi semacam ini merupakan titik transisi Bawaslu yang beradaptasi di era digital.

Baca juga :  Ngaben Bersama di Selbar Diminta Taat Prokes

“Tentu ini merupakan sebuah inovasi yang memang harus kita adaptasi di era digital seperti sekarang. Suka atau tidak, kita akan melakukan peralihan ke dunia digital,” papar Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Bali tersebut.

Menanggapi yang disampaikan Ariyani, anggota KPU Bali, I Gede John Darmawan, yang turut hadir pada acara tersebut, mengapresiasi inovasi yang selalu dilakukan Bawaslu, baik dari tingkat pusat sampai kabupaten. Dia berharap dengan adanya aplikasi Sigap Lapor ini bisa mempercepat proses penanganan pelanggaran yang dilakukan Bawaslu Bali.

“Harapan kami, dengan adanya aplikasi ini bisa cepat juga menginformasikan kepada kami di KPU, baik itu rekomendasi, laporan, temuan, dan hal-hal teknis lainnya,” pinta mantan Ketua KPU Denpasar tersebut.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka; Kabag Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses dan Hukum Bawaslu Bali, I Made Aji Swardhana, serta seluruh pengampu Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu kabupaten/kota se – Bali. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.