Sepi, Pemasaran Sapi di Pasar Hewan Kayuambua

KEPALA Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma. Foto: ist
KEPALA Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BANGLI – Pemasaran sapi kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H pada Senin (17/6/2024) nanti di Pasar Hewan Kayuambua, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli masih terlihat lesu. Padahal jika dibandingkan tahun sebelumnya, aktivitas pasar hewan menyambut Idul Adha sangat ramai.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, I Wayan Sarma, Senin (10/6/2024) menyampaikan, Kabupaten Bangli merupakan salah satu pemasok sapi di Bali. Termasuk untuk sapi potong sebagai hewan kurban. Meski secara kuantitas tidak terlalu meningkat tapi untuk harga ada peningkatan. “Berkisar Rp48 ribu per kilogram, meningkat dari sebelumnya sekitar Rp2 ribu,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Untuk populasi sapi, dia berkata sampai saat ini sekitar 53 ribu ekor lebih. Tidak semuanya untuk sapi potong, ada juga untuk bibit, dan untuk konsumsi hanya sepertiga. Syarat untuk sapi kurban, dia menyebut tidak cacat fisik, dan berat sapi minimal 270 kg.

“Kalau di bawah 250 kg pertumbuhannya masih pesat. Kalau dijual sayang sekali, peternak akan rugi,” sambungnya. 

Mengenai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang galib menyerang hewan kaki empat, dia mendaku sejauh ini belum menerima laporan ada yang terjangkit. Dia berharap dengan gencarnya vaksinasi  PMK oleh petugas, tidak ada lagi kasus PMK. Dia juga menjamin akan melakukan pengawasan ketat di pasar hewan. “Sapi yang dijual peternak sudah divaksin. Hal ini ditandai dengan pemasangan tag (tanda identitas),” tegasnya.

Baca juga :  Ramah Lingkungan, Putri Koster Tinjau Budidaya Ikan Bioflok

Setiap Idul Adha, ulasnya, tim kesehatan hewan turun pemeriksaan anti-mortem dan post mortem. Untuk pomotongan sapi, baru ada di Kintamani, dan pemotongannya tidak terlalu tinggi.  Dalam sebulan belum tentu memotong satu ekor.

Dari jumlah sapi di Bangli, dia berujar ada tiga tempat pengepul, termasuk penimbangan yang ada di Kecamatan Tembuku seperti di Banjar Bengang, Banjar Peninjoan dan Banjar Pulasari Kangin, Desa Peninjoan. Ada juga di Banjar Sribatu, Pasar Hewan Kayuambua, dan ada pula dijual langsung ke Pasar Hewan Beringkit, Mengwi, Badung. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.