Semara Cipta: Ingat OSIS, Ingat KPU

  • Whatsapp
SEMARA Cipta (kanan) dalam suatu kegiatan KPU Badung. foto hen

MANGUPURA – Upaya sosialisasi pemilu dan demokrasi untuk kalangan pemilih pemula kini sedikit tersendat karena restriksi selama PPKM Darurat. Agar misi memberi penyadaran politik untuk pelajar SMA itu tetap berjalan, suka tidak suka jalur virtual menjadi opsi terbaik.

“Kami yang ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan materi kepemiluan, termasuk wawasan kebangsaan. Kalau kemarin saya di SMAN 1 Abiansemal dengan materi dasar negara yang dikaitkan dengan pemilihan,” tutur Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Kamis (15/7/2021).

Bacaan Lainnya

Pemaparan materi itu, sebutnya, dibuat live streaming oleh pihak sekolah agar dapat diikuti para siswa di rumah masing-masing. Meski akses secara virtual tidak sebebas pertemuan tatap muka, dia menilai minimal lembaganya dapat menyampaikan pesan-pesan terkait dunia perpolitikan kepada para pemilih pemula tersebut. Mereka juga mendapat penjelasan tentang tugas pokok dan fungsi KPU dalam politik praksis.

“KPU RI mendorong kami di daerah untuk bersinergi dengan pihak sekolah sebagai wahana memberi edukasi menyasar pemilih pemula. Bagus KPU jadi narasumber, sehingga dapat memberi pemahaman KPU itu apa sih? Siapa tahu di antara mereka mungkin tertarik menjadi penyelenggara pemilu misalnya,” ucap Kayun, sapaan akrabnya.

Walau hanya bisa menyapa di dunia maya, Kayun tetap optimis pesan yang disampaikan bisa sampai, karena memang tidak ada wahana lain. Alasan lain, siswa sekarang sudah galib memakai gawai, dan semua informasi bisa diakses dengan mudah. Apalagi rekaman kegiatan juga ditayangkan di kanal Youtube sekolah dan KPU, sehingga tidak ada alasan siswa tidak menonton.

Baca juga :  Pemkot Denpasar Dinilai Tim IGA Pusat, Rai Mantra Paparkan Inovasi Dharma Negara Alaya

“Optimisme kami karena pengalaman selama ini jika ada SMA mengadakan pemilihan OSIS, mereka mengundang kami dan juga meminjam bilik suara. Artinya pesan berdemokrasi itu bisa diterima, dan juga dipraktikkan oleh mereka saat pemilihan OSIS. Ya, ingat OSIS berarti ingat KPU juga,” kelakarnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.