RJW Sukses Gelar Lomba Seni Virtual, Media Kreasi di Masa Pandemi

  • Whatsapp
PEMENANG lomba tari Jauk Manis dan mekendang tunggal foto bersama Ketua Dewan Pembina RJW, Anak Agung Oka Ratmadi dan Arta Wirawan usai menerima piala di Puri Satria. Lomba seni secara virtual ini diselenggarakan Relawan Jaya Wibawa (RJW) berkolaborasi dengan Taruna Merah Putih (TMP). Foto: ist
PEMENANG lomba tari Jauk Manis dan mekendang tunggal foto bersama Ketua Dewan Pembina RJW, Anak Agung Oka Ratmadi dan Arta Wirawan usai menerima piala di Puri Satria. Lomba seni secara virtual ini diselenggarakan Relawan Jaya Wibawa (RJW) berkolaborasi dengan Taruna Merah Putih (TMP). Foto: ist

DENPASAR – Pandemi Covid-19 yang sudah setahun bukan saja berdampak pada sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga berdampak pada peningkatan SDM dikalangan generasi muda usia 15-17 tahun. Mereka yang umumnya adalah siswa yang biasa dengan pembelajaran tatap muka, harus membiasakan diri untuk belajar secara daring (online).

Pun juga pada kegiatan di luar sekolah seperti seni dan budaya serta olahraga serta kegiatan hobi lainnya berpengaruh, yang membuat mereka tidak bisa berkarya. Melihat kondisi itu, Relawan Jaya Wibawa (RJW) berkolaborasi dengan Taruna Merah Putih (TMP), memberikan tempat kepada para seniman muda Kota Denpasar menampilkan kemampuan dan kreativitasnya pada gelaran lomba tari Jauk Manis dan mekendang tunggal yang diselenggarakan secara virtual, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum RJW, I Nyoman Arta Wirawan, berkata, dari pelaksanaan lomba ini sebagai salah satu kreativitas seni generasi muda di masa pandemi Covid-19 sangat diminati oleh kalangan anak-anak sekolah yang tergabung dalam sanggar yang ada di kota Denpasar. Terbukti peserta kedua kategori lomba ini membeludak melebihi target.

Arta Wirawan berujar, kegiatan ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka adaptasi kebiasaan baru dengan mengadopsi kemajuan teknologi sebagai metode untuk tetap menumbuh kembangkan kreativitas masyarakat. ‘’Kegiatan ini juga sebagai bentuk ucapan selamat kepada I Gst Ngurah Jaya Negara, dan Kadek Agus Arya Wibawa, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar,’’ sebutnya.

Baca juga :  PDAM Denpasar Serahkan Bantuan Sembako untuk Nelayan

Dari hasil penilaian dewan juri, untuk kategori lomba tari Jauk Manis juara I diraih Komunitas Graha Madya Budaya, juara II diraih Sanggar Wrdi Cwaram, juara III diraih Sanggar Wrdi Cwaram dan Sanggar Printing Mas, serta peringat IV diraih Komunitas Taruna Wandira.

Sementara katagori lomba makendang tunggal juara I diraih Komunitas Graha Madya Budaya, juara II Komunitas Taruna Wandira, juara III Sanggar Wrdi Cwaram, dan Sanggar Printing Mas, serta peringkat IV  diraih Sanggar PNB Art Community.

‘’Lomba ini nantinya kami jadikan sebagai lomba seni antar sanggar se-Kota Denpasar dan menjadi agenda tahunan dengan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar,’’ ujarnya memungkasi di sela-sela penyerahan hadiah kepada pemenang lomba di Puri Satria.

Hadiah diserahkan Ketua Dewan Pembina RJW, Anak Agung Oka Ratmadi, SH. Penglingsir Puri Satria ini berkata, kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan ruang berkreasi dan menjaga semangat kreativitas pekerja seni.

Ia mengatakan, Covid-19 sangat memberikan dampak tidak baik kepada seniman. Para seniman tidak lagi mendapatkan ruang untuk berinteraksi. Karenanya, ia berharap, seniman tetap menjaga semangat dan terus berkreativitas. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Komentar

  1. Terima kasih kepada Redaksi POS BALI Yang dengan konsistem mensupport kegiatan RJW dalam membantu membumikan Visi Misi Jaya Wibawa dalam menjalankan pemerintahan kota Denpasar menuju kota kreatif berbasis budaya untuk Denpasar Maju.