Riuh Suara Burung Meriahkan Rangkaian HUT Ke-251 Kota Gianyar

JURI melakukan penilaian lomba seni suara burung berkicau, Minggu (17/4/2022) di Gantangan Anyar Blahbatuh. Foto: adi

GIANYAR – Rangkaian HUT ke-251 Kota Gianyar dimeriahkan lomba seni suara burung berkicau, Minggu (17/4/2022) di Gantangan Anyar Blahbatuh. Berbagai jenis burung dilombakan seperti anis merah, murai batu, cucak ijo, love bird, kenari, cendet hingga kacer.

Bupati Gianyar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra, mengatakan, dilaksanakannya lomba burung berkicau akan dapat memutar perekonomian masyarakat. “Perekonomian pasti akan berputar, mulai dari penjual burung, penjual pakan, bahkan pedagang kecil yang berjualan saat lomba diadakan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi, sambungnya, dengan adanya komunitas pecinta burung, kelestarian burung akan terjaga. Sebab, makin banyak orang yang akan peduli dengan kelestarian alam.

Di lain sisi, Ketua Boy and Rekan (BnR) Bali, Agung Mahendra yang lebih dikenal dengan Tubagus Bali, mengatakan, lomba burung akan menjadi tali silaturahmi antar-pecinta burung. Pula saling berbagi cara merawat burung.

Mengenai kriteria penilaian, Tubagus berujar burung dengan variasi suara terbanyak, volume keras, dan lantang yang berhak naik podium. BnR Bali juga berkomitmen menjaga kelestarian burung yang ada, baik di alam ataupun melalui penangkaran. “Kami sebagai pencinta burung pasti melestarikan burung, bahkan ada yang melakukan penangkaran,” sambungnya.

Baca juga :  Dukung Pemkab, PPBI Gianyar Percantik Pohon Perindang

Menurutnya, Bali sejatinya memiliki anis merah sebagai ikon karena burung ini memiliki keunikan sendiri, yakni berkicau hingga teler seperti orang mabuk. Anis merah ini banyak berkembang di Pupuan, Tabanan; Selat, Karangasem; dan Kintamani, Bangli.

Dia berharap banyak burung Bali yang berprestasi dan bisa ikut di event besar berskala nasional.
“Semoga pecinta burung Bali bisa tampil di event yang lebih bergengsi skala nasional. Saya juga mengucapkan Dirgahayu ke-251 Kota Gianyar, semoga semakin jaya dan tambah maju,” serunya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.