Ribuan PKL dan Pemilik Warung Terima Bantuan Tunai Rp1,2 Juta

  • Whatsapp
PENYERAHAN BTPKLW kepada perwakilan penerima, bertempat di Makodim 1609/Buleleng. Foto: rik
PENYERAHAN BTPKLW kepada perwakilan penerima, bertempat di Makodim 1609/Buleleng. Foto: rik

BULELENG – Kodim 1609/Buleleng pada Kamis (14/10/2021), menyerahkan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang ada di Buleleng. Total ada 3.500 penerima bantuan sebesar Rp1,2 juta untuk masing-masing penerima secara bertahap. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para pedagang di tengah pandemi Covid-19.

Penyerahan BTPKLW dilakukan di Makodim 1609/Buleleng. Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Buleleng, Gede Suyasa, pejabat instansi terkait serta perwakilan penerima BTPKLW, dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Bacaan Lainnya

Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, mengatakan, Buleleng mendapat alokasi paling besar, karena punya penduduk terbanyak. Dari jumlah 3.500 penerima, disalurkan 250 orang per hari dan penyaluran akan berjalan selama 14 hari. Jumlah dana didapatkan sebesar Rp1,2 juta per orang. Sehingga, total dana disalurkan Rp4,2 miliar.

Sumber dana tersebut adalah dari pemerintah pusat dan penyaluran dilakukan oleh TNI dan Polri. Verifikasi data penerima dilakukan mendalam, mengingat para penerima BTPKLW ini adalah yang belum menerima bantuan dari pemerintah. ‘’Penyerahannya secara bertahal sampai tanggal 2 November 2021 nanti. Kami melakukan secara maksimal. Perintah dari komando atas termasuk Presiden juga telah mengisyaratkan, bahwa bantuan ini diberikan secara tunai dan tidak ada dipotong sepeser pun,’’ kata Dandim Windra Lisrianto.

Baca juga :  Edukasi Masyarakat Cegah Covid-19, Kelurahan Renon Pasang Spanduk di Sembilan Titik

Sementara Sekda Buleleng, Gede Suyasa, menegaskan, verifikasi data penerima bantuan khusus di Buleleng dilakukan melibatkan sinergitas semua pihak. Ini dilakukan, untuk menghindari terjadinya tumpang tindih penerima dan tidak ada penerima ganda. ‘’Bantuan diberikan cukup banyak. Maka sasarannya tentu perlu sinergitas dalam pendataan dan verifikasi data penerima,’’ jelas Suyasa.

Khusus BTPKLW ini, pemerintah pusat menugaskan TNI dan Polri dalam penyalurannya. Penentuan kriteria sasaran mendapatkan BTPKLW telah dipegang oleh TNI khususnya Kodim 1609/Buleleng hingga melakukan verifikasi data penerima. ‘’Bantuan ini akan bermanfaat bagi PKL dan pemilik warung, sehingga dapat memperkuat permodalan dan mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 ini,’’ pungkas Suyasa. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.