Refocusing Anggaran, Sejumlah OPD Dipanggil Bupati

  • Whatsapp
KEPALA Badan Keuangan, Pedapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Bangli, I Ketut Riang. Foto: gia
KEPALA Badan Keuangan, Pedapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Bangli, I Ketut Riang. Foto: gia

BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, mengumpulkan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di rumah jabatan Bupati, beberapa waktu lalu. Pemanggilan tersebut untuk melihat kegiatan yang masuk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) tahun 2021 di sejumlah OPD, yang selama ini mendapat kucuran anggaran cukup besar dalam APBD 2021.

Kepala Badan Keuangan, Pedapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kabupaten Bangli, I Ketut Riang, Minggu (28/3/2021) mengatakan, pemanggilan itu untuk melihat kegiatan yang masuk RKA, yang bisa disisir untuk pendanaan kegiatan skala prioritas serta pemenuhan visi dan misi Bupati. OPD yang dipanggil yakni Dinas Kesehatan, Disdikpora, Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan; Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Bagian Umum, Kesra dan Disparbud.

Bacaan Lainnya

“Dari pertemuan tersebut dapat dihasilkan bahwa kegiatan yang masuk RKA di OPD untuk dilakukan penyesuaian, volume dikurangi atau ditambah. Ada kegiatan yang ditunda karena tidak masuk sebagai kegiatan skala prioritas di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini,” jelasnya.

Menurut Riang, Dinas Lingkungan Hidup akan ditambah anggarannya untuk penataan wajah Kota Bangli, dimulai dari kantor Bupati Bangli. Ada juga OPD yang kegiatannya dikurangi sesuai permintaan panitia PKB Provinsi, karena kegiatannya ditiadakan, Festival  Kintamani juga ditiadakan. Kegiatan seperti PKB, jelasnya, tidak bisa dilaksanakan lantaran masih suasana pandemi. Sebab, kegiatan itu melibatkan orang banyak yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Baca juga :  Kota Denpasar Wakili Indonesia dalam Konferensi ICMA

Jumlah anggaran yang disisir, sambungnya, masih dalam tahap perincian, jadi belum diketahui berapa nominalnya. Yang jelas, penyisiran akan dimanfaatkan untuk pendanaan kegiatan skala prioritas serta pemenuhan visi dan misi Bupati Bangli. Antara lain pembangunan gedung DPRD Bangli serta penataan wajah Kota Bangli. Jika penyisiran sudah selesai, akan dibuatkan Peraturan Bupati yang rencananya dikeluarkan awal pekan depan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.