Rancangan Anggaran Pilkada Tabanan 2024 Capai Rp51 Miliar Lebih

  • Whatsapp
JAJARAN KPU Tabanan menyosialisasikan anggaran Pemilu 2024 kepada TAPD Pemkab Tabanan, Senin (20/9/2021). Foto: ist
JAJARAN KPU Tabanan menyosialisasikan anggaran Pemilu 2024 kepada TAPD Pemkab Tabanan, Senin (20/9/2021). Foto: ist

TABANAN – Menyiapkan Pemilu 2024, termasuk Pilkada Tabanan, KPU Tabanan mulai menyosialisasikan anggaran Pemilu 2024 kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Tabanan, Senin (20/9/2021). Dalam sosialisasi tersebut, Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa; didampingi komisioner I Ketut Sugina dan Sekretaris KPU Tabanan, I Nyoman Swandika.

Weda menyebutkan, sosialisasi ini merupakan koordinasi awal, agar TAPD Tabanan  mulai memikirkan anggaran Pilkada Tabanan 2024, terlebih dalam kondisi pandemi saat ini. “Kami tahu situasi anggaran saat ini, sehingga lebih awal kami sosialisasikan. Hal ini dimaksudkan agar mulai jadi pertimbangan bersama untuk memenuhi anggaran Pemilu. Bagaimanapun Pemilu harus berjalan,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, sesuai dengan yang diusulkan KPU RI kepada DPR dan pemerintah, Pilkada Serentak direncanakan pada 27 November 2024. Tanggal ini baru usulan KPU ke DPR dan pemerintah, dan masih dilakukan pendalaman. Dia dan jajaran juga masih menunggu keputusan dan penetapan pemerintah.

Dalam sosialisasi ini, dia berkata hanya menyampaikan secara garis besar mulai dari rencana tahapan hingga kebutuhan anggaran yang diperlukan. Dengan demikian, dia berharap TAPD juga memiliki acuan guna pemenuhan anggaran Pemilu tersebut. “Ini hanya sosialisasi awal, sehingga Pemkab Tabanan bisa mulai memikirkan kebutuhan anggaran Pemilu 2024,” ucapnya.

Baca juga :  Wabup Kasta Lantik Saka Adhyasta Pemilu

Disinggung kebutuhan anggaran, Weda berujar berkisar di angka Rp51 miliar lebih. Anggaran tersebut 40,65 persennya atau sekitar Rp20 miliar lebih untuk kebutuhan honorarium kelompok kerja dan penyelenggara, sedangkan 59,35 persen atau sekitar Rp30 miliar lebih untuk kebutuhan barang dan jasa. “Ini baru rancangan sementara, angka ini dengan asumsi Pilkada masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga ada anggaran untuk APD dan lain sebagainya,” beber Weda.

TAPD Pemkab Tabanan yang dikomandoi Sekda I Gede Susila, menyambut baik sosialisasi oleh KPU Tabanan. “Kami mengapresiasi langkah KPU Tabanan, sehingga kami di TAPD bisa mulai memikirkan langkah-langkah untuk pemenuhan anggaran Pilkada 2024,” ujarnya.

Susila mengatakan, pada prinsipnya TAPD Tabanan siap mendukung dan menyukseskan Pilkada 2024. Namun, melihat situasi saat ini, dia minta semua pihak melakukan langkah-langkah penghematan. “Pada prinsipnya kami siap mendukung, tapi melihat situasi saat ini, mari kita bersama-sama melakukan langkah-langkah efisiensi dan melakukan terobosan-terobosan bersama, agar semua bisa berjalan dengan baik,” harapnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.