Rachmat Hidayat Serahkan Bantuan Kursi Roda Adaptif

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI dari Dapil Pulau Lombok, Rachmat Hidayat, menyerahkan bantuan kursi roda adaptif untuk Haikal Arofi yang menderita lumpuh layu di Gerung, Rabu (30/3/2022). Foto: rul

MATARAM – Anggota Komisi VIII DPR RI, Rachmat Hidayat, menyerahkan bantuan kursi roda adaptif untuk Haikal Arofi (25) yang menderita lumpuh layu di Gerung, Lombok Barat, Rabu (30/3/2022).

Diserahkan pula bantuan pemenuhan nutrisi dan makanan harian bagi Haikal.
Ibunya, Hadijah, mendapat bantuan paket usaha berjualan ikan, mulai dari timbangan, boks tempat menyimpan ikan, dan juga modal awal usaha. “Kita sama-sama ingin agar ananda Haikal Arofi bisa tersenyum kembali,” kata Rachmat di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.

Bacaan Lainnya

Ofi, panggilan Haikal, menderita lumpuh layu setelah kelas VI SD, dan aktivitasnya hanya di tempat tidur. Saat Rachmat datang ke rumahnya, Hadijah membopongnya ke teras. Punggung Ofi penuh luka karena terus berbaring selama puluhan tahun, tak bisa menggerakkan badan.

Rachmat mengungkapkan, Ofi rupanya tidak terdata sebagai penerima bantuan Kementerian Sosial. Kondisi itu terungkap pekan lalu, saat Rachmat monitoring penyaluran berbagai bantuan sosial untuk anak-anak di Balai Anak “Paramita” milik Kementerian Sosial di Bengkel, Lombok Barat.

Saat itu, Ofi dibopong keluarganya ke sana. Heri, adiknya, juga menderita lumpuh layu, tapi terdata dalam penerima bantuan. Melihat itu, Ketua DPD PDIP NTB itu berkoordinasi dengan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, agar Ofi dimasukkan dalam daftar penerima bantuan tanpa harus menunggu proses berbelit-belit.

Baca juga :  Doa bagi yang Gugur dan Harapan kepada Para Dokter dan Nakes dalam Penanganan Covid-19

Jajaran pejabat Eselon I dan Eselon II di Kemensos kemudian menindaklanjuti hal tersebut dengan cepat. “Setelah satu minggu, hari ini kita bertemu Ofi lagi untuk menyerahkan bantuan yang memang menjadi haknya,” imbuh Rachmat sembari mengelus rambut Ofi.

Dalam penyerahan bantuan untuk Ofi tersebut, Rachmat didampingi Kepala Balai Anak Paramita, I Ketut Supena, dan jajarannya serta dua anggota Fraksi PDIP DPRD Lombok Barat.

Kepada anggota DPRD dari PDIP, Rachmat menginstruksikan mereka menyiapkan bantuan setiap bulan untuk Ofi, terutama untuk memastikan asupan dan nutrisinya.

I Ketut Supena menambahkan, tak cuma Ofi yang kini mendapat bantuan. Ibunya juga terdaftar dalam penerima bantuan Program Keluarga Harapan, dan mendapat bantuan pangan nontunai secara rutin.

Khusus untuk bantuan yang diserahkan kemarin, pihaknya membawa kursi roda adaptif. Kursi roda tersebut didesain khusus untuk memberi kenyamanan bagi Ofi, karena Ofi yang memang sudah tidak bisa menyangga tubuhnya sendiri.

Kursi roda adaptif tersebut adalah karya anak-anak yang dibina dan dididik di Balai Anak Paramita. Kursi roda adaptif itu memungkinkan Ofi bisa dibawa keluar rumah, tidak harus selalu terbaring di tempat tidur sepanjang hari yang memperburuk kesehatannya. “Selanjutnya, kami akan melakukan pemantauan intensif,” ungkap Supena.

Khusus untuk Hadijah, Supena berujar bantuan paket usaha berjualan ikan diberikan agar kepala keluarga tersebut memiliki penghasilan dan keluarganya bisa berdaya kembali.

Baca juga :  Wawali Jaya Negara Hadiri Karya Pasupati Sesuhunan Pura Mpu Aji Dukuh Sakti Kesiman

“Kami akan melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan usaha jual ikan yang dilakukan Ibu Hadijah bisa berjalan dan berkembang,” janjinya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.