Pramuka sebagai Spirit Berbakti Tiada Henti

  • Whatsapp
BUPATI Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat acara Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang Tabanan, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Jumat (26/11/2021). Foto: ist

TABANAN – Tantangan dan permasalahan generasi muda semakin kompleks, sehingga peran serta semua pihak dibutuhkan dalam mengatasi berbagai kendala. “Salah satunya adalah gerakan pramuka,” ungkap Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, saat acara Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang Tabanan, Jumat (26/11/2021).

Sesuai dengan Satya Pramuka atau Janji Pramuka, lanjutnya, yaitu ‘Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat’. Hal tersebut selaras dengan tujuan dalam pendidikan kepramukaan, yaitu membentuk kepribadian yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, memiliki kecakapan hidup, berdisiplin, serta taat hukum, dan menjadikan spirit untuk terus berbakti tiada henti.

Bacaan Lainnya

Dalam acara pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tabanan Masa Bakti 2020-2025 itu, juga dihadiri sejumlah undangan. Di antaranya, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda I Gede Susila, serta jajaran Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dan Pengurus Kwarcab Gerakan Peamuka Tabanan.

Sanjaya pun menyatakan mendukung tujuan tersebut, sehingga perlu diupayakan kurikulum kegiatan dan materi latihan yang inovatif dan tidak membosankan. “Terlebih saat menghadapi pandemi Covid-19, yang bisa diimplementasikan para pembina dan pelatih. Pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana, dan berkelanjutan, merupakan suatu keharusan,” tegasnya.

Baca juga :  Nilai MCP Pemkot Denpasar Capai 91% , KPK Sebut Pelayanan Publik di Denpasar Baik

Dia berharap, kwartir cabang segera melakukan konsolidasi organisasi, menata manajemen dan sumber daya, sehingga mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan. Selaku ketua majelis cabang, dia akan senantiasa membimbing, mendukung, memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan. Di samping itu, juga membantu ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan.

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin, menambahkan bahwa kewajiban para pengurus pramuka harus selalu siap siaga bekerja dengan rasa pengabdian yang tulus dan ikhlas untuk masyarakat, bangsa, dan negara. “Mari saling mendukung dan menguatkan persatuan, untuk bekerja membangun generasi muda yang lebih baik,” tutupnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.