PPLG SMK Bali Dewata Makin Diminati Calon Siswa

KEPALA SMK Bali Dewata, Ni Ketut Sutarsih; Kepala SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns. Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami; dan Ketua Yayasan I Wayan Cahyadi Adiguna, foto bersama para guru. Foto: ist
KEPALA SMK Bali Dewata, Ni Ketut Sutarsih; Kepala SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns. Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami; dan Ketua Yayasan I Wayan Cahyadi Adiguna, foto bersama para guru. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, DENPASAR – Suka main gim dan tertarik membuat gim sendiri? Mengambil kompetensi keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) bisa jadi pilihan yang tepat lulusan SMP yang mau melanjutkan studi ke SMK bidang teknologi komputer dan informatika.

Di SMK Bali Dewata, kompetensi keahlian Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) kini menjadi kompetensi keahlian favorit. Baru dibuka tahun lalu, kompetensi keahlian langsung diserbu calon siswa.

Bacaan Lainnya

Kepala SMK Bali Dewata, Ni Ketut Sutarsih, SE., M.AP., Minggu (10/12/2023) mengatakan,  kompetensi keahlian ini dulu dikenal dengan nama Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Tetapi dengan adanya Kurikulum Merdeka kompetensi keahlian ini berubah nama menjadi  Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG).

Kompetensi keahlian PPLG adalah salah satu kompetensi keahlian dalam bidang teknologi komputer dan informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer. ‘’Kompetensi Keahlian ini berkonsentrasi pada bidang informatika, yaitu software developer, baik itu web developer, mobile developer maupun game developer. Dengan kata lain lulusan kompetensi keahlian PPLG diarahkan menjadi programmer, web desain, web programming, ataupun developer,’’ ujar Sutarsih.

Ia melanjutkan, kompetensi keahlian ini cukup menarik, karena dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, hampir semua komponen kehidupan saat ini memerlukan aplikasi, dan orang yang mampu menyediakan aplikasi tersebut adakah lulusan PPLG. Selain membuka kompetensi keahlian PPLG, SMK Bali Dewata juga semakin dipercaya masyakat dengan lima kompetensi keahlian lainnya yaitu, Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Multimedia, TKJ, dan Akuntansi.

Baca juga :  Kejari Gianyar Edukasi Perbekel Gunakan Dana Desa untuk Covid-19

Sementara itu, SMK Kesehatan Bali Dewata mempunyai dua komptensi keahlian yakni Keperawatan dan Farmasi. Kepala SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns. Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami, S.Kep., M.Pd.,mengatakan, SMK Kesehatan Bali Dewata kini telah memiliki sarana yang lengkap. Tinggal sekarang siswa diproses lebih berkualitas.

Kedua sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani Utara No. 466 Peguyangan Kaja, Denpasar Utara. Ketua Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala, I Wayan Cahyadi Adiguna, S.E., M.Pd.,  mengatakan,  terus mensuport SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata untuk tumbuh dan berkembang menjadi sekolah besar dan berkualitas. Ia menyebutkan, biaya pendidikan di SMK Bali Dewata dan SMK Bali Dewata, sangat murah tapi tidak murahan.

‘’Lulusan kedua sekolah kami sudah siap mental dan kompetensi untuk terjun di dunia kerja dan berwirausaha. Ini sebabnya, lulusan kedua sekolah kami tidak ada yang menganggur,’’ pungkasnya. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.