PLN Segera Lakukan “Commisioning Test” untuk Listriki Surkuit Mandalika

  • Whatsapp
JARINGAN tegangan tinggi yang sudah mulai terpasang di sekitar KEK Mandalika untuk mendukung pelaksanaan WSBK dan MotoGP Mandalika yang dikebut oleh pihak PLN NTB. Foto: ist
JARINGAN tegangan tinggi yang sudah mulai terpasang di sekitar KEK Mandalika untuk mendukung pelaksanaan WSBK dan MotoGP Mandalika yang dikebut oleh pihak PLN NTB. Foto: ist

MATARAM – Pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah yang dikerjakan oleh PLN sejak Desember 2020, dipastikan telah rampung 100 persen.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran, mengatakan, pihaknya  telah berhasil menuntaskan pembangunan tiga jalur yang akan menyuplai kebutuhan listrik dalam gelaran ajang World Super Bike yang akan digelar November 2021. Ketiga jalur tersebut yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol.

Bacaan Lainnya

‘’Alhamdulillah, progres fisik untuk seluruh infrastruktur sudah 100 persen. Peralatan yang akan menyuplai listrik di Jalanan Kawasan Khusus sudah siap di lokasi,’’ ujar Lasiran dalam siaran tertulisnya, Rabu (25/8/2021).

Menurut dia, pihaknya akan fokus pada proses terakhir. Yakni, penyelesaian instalasi komponen dan juga peralatan yang telah berada di lokasi untuk selanjutnya dilakukan commissioning test.  Di mana, lanjut Lasiran, Cubicle PLN, merupakan peralatan terakhir yang disiapkan oleh PLN untuk menyuplai listrik di Mandalika, terutama di Jalan Kawasan Khusus (JKK) telah terpasang di Gardu Hubung Mandalika.

Baca juga :  KPU Denpasar Hindari “Kutukan” 56 Persen Pemilih

‘’Ketika semua peralatan sudah ter-install dan commissioning test berhasil, itu artinya PLN sudah siap untuk menyuplai JKK,’’ kata dia.

Lasiran juga menyampaikan bahwa dari sisi ketersediaan daya, PLN saat ini juga telah mempersiapkan diri. Pasokan listrik untuk gelaran WSBK pastinya akan diprioritaskan untuk mendapatkan jaminan kualitas dan keandalan.

‘’Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama Indonesia Tourism Development Center (ITDC) yang akan menjadi pelanggan kami, sehingga pelaksanaan pembangunan fisik untuk mendukung perhelatan akbar ini dapat berlangsung dengan baik,’’ jelas dia.

Sementara itu, Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung kesuksesan gelaran balap motor paling bergengsi sejagat tersebut. Dikatakannya, ITDC membutuhkan dukungan PLN untuk memastikan suplai listrik aman, terutama di kawasan JKK.

‘’Kami berterima kasih atas kerja keras dari PLN dalam merespon kebutuhan kami akan suplai tenaga listrik. Kami berharap sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik,’’ ucap Bram.

PLN dan ITDC pun berharap dapat terus bersinergi untuk memberikan yang terbaik dalam persiapan event World Superbike (WSBK) yang akan dihelat dalam waktu dekat dan juga MotoGP di tahun 2022. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.