PKB akan Menjadi Instrumen Budaya dan Ekonomi, Dampaknya Sangat Besar bagi Rakyat Bali

  • Whatsapp
Dr. Gede Made Sadguna. Foto: ist
Dr. Gede Made Sadguna. Foto: ist

KLUNGKUNG – Pengamat ekonomi, Dr. Gede Made Sadguna, mengatakan, rencana pembangunan Pusat Kesenian Bali (PKB) di Gunaksa Klungkung, yang dirancang Gubernur Bali, Wayan Koster, sangat strategis. “PKB akan menjadi instrumen budaya dan ekonomi bagi  masa depan, dan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat Bali, khususnya masyarakat Klungkung,” kata mantan pimpinan Bank Indonesia Bali dan Nusa Tenggara, itu Jumat (2/4/2021).

Sadguna yang pernah menjadi penasehat ahli Gubernur Jawa Tengah itu berkata,  ada dua fungsi strategis PKB yang terus menerus perlu dikomunikasikan kepada masyarakat. Pertama;  sebagai wahana melestarikan dan mengembangkan budaya. Kedua;  sebagai destinasi wisata sekaligus sebagai sumber pendapatan dan penghidupan bagi masyarakat Bali.

Bacaan Lainnya

Ia yakini destinasi itu akan menjadi peluang usaha dan peluang kerja. Dengan kata lain, PKB merupakan instrumen budaya dan ekonomi bagi rakyat Bali, bahkan juga masyarakat dan pebisnis global.

Hal itu dikemukakan Sadguna menanggapi pendapat politisi Golkar Bali, Sumarjaya Linggih alias Demer, yang meminta rencana pembangunan PKB  di Gunaksa, Klungkung ditinjau atau direvisi.

Sebelumnya Demer yang dikenal sebagai anggota DPR-RI berkata di sebuah media sosial, pembangunan PKB tidak relevan dipusatkan di satu tempat. Dana pembangunan PKB sebaiknya dibagi-bagi untuk mengembangkan budaya di seluruh Bali. Pendapat Demer mendapat banyak tanggapan, termasuk seorang tokoh Golkar Bali sendiri seperti AA Wiranata mengatakan, Demer seperti kepupungan. Artinya PKB sudah final, ia baru bangun memberikan masukan yang kurang produktif.

Baca juga :  Orangtua Siswa Keluhkan Padatnya Pembelajaran Online, Sari Galung Ingatkan Disdikpora Lakukan Pengawasan

Sadguna menambahkan, seorang politisi yang juga pengusaha seharusnya mampu melihat, bahwa manfaat PKB jauh lebih besar dari  biaya yang dikeluarkan. “Apakah politisi yang pengusaha itu tidak melihat manfaatnya sangat besar bagi masyarakat Bali dalam masa panjang?,” tanya Sadguna.

Ia mengatakan, PKB akan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi (growth pole) di Bali yang memiliki dampak positif bagi desa-desa di sekitarnya.  Mestinya tidak sulit memahami, PKB juga dapat menjadi mesin ekonomi yang mempunyai backward dan forward linkages yang cukup signifikan, sehingga bisa mengakselerasi pertumbuhan berbagai sektor ekonomi yang terkait.

Dari perspekftif pariwisata, Sadguna juga  setuju kehadiran PKB manambah jenis menu dalam daftar menu  wisata  Bali (destination portfolio) efektif sehingga dampak positifnya besar terhadap standing destinasi yang menarik di dunia. Artinya, Bali akan menjadi pilihan utama wisatawan mancanegara karena banyak memiliki pilihan yang menarik. Bahkan akan menjadi one stop shopping, sebab PKB  akan menjadi pusat pajangan berbagai produk kreatif masyarakat Bali.

Sebagaimana diketahui, proses pembangunan PKB di KLungkung sudah mulai berjalan, dengan penataan sungai yang ada di lokasi itu.  Masyarakat setempat juga sudah semangat menyambutnya dalam beberapa kali  pertemuan dengan pihak Pemerintah Bali termasuk dengan Gubernur Wayan Koster. Pembangunan PKB tersebut, juga sudah mendapat dukungan dari DPRD Bali, termasuk Fraksi Golkar di lembaga itu. nar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.