Peserta Pilkades Serentak Diingatkan Tak Kampanye Hitam

  • Whatsapp
DEKLARASI bersama Pilkades Serentak di Polres Lotara. Foto: ist
DEKLARASI bersama Pilkades Serentak di Polres Lotara. Foto: ist

KLU – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan dilaksanakan pada 21 Desember mendatang. Kontestasi ini akan diikuti 46 calon kepala desa (cakades) dari 13 desa di lima kecamatan. Untuk menjaga penyelenggaraan Pilkades yang damai, Pemkab dan Polres Lombok Utara  (Lotara) melangsungkan deklarasi damai di aula Sarja Arya Racana Polres Lotara, Selasa (7/12/2021).

Deklarasi itu dihadiri Kapolres Lotara, AKBP I Wayan Sudarmanta; Bupati KLU, Djohan Sjamsoe; Pabung Kodim 1606/Mataram, Mayor Inf. Ibnu Haban; Kabagops Polres Lotara, Kompol Raditya Suharta; para camat di KLU, serta seluruh calon kepala desa.

Bacaan Lainnya

13 desa yang melangsungkan Pilkades Serentak KLU 2021 yakni Desa Menggala yang diikuti lima cakades, Desa Sokong (5), Desa Samaguna (4), Desa Selelos (3), Desa Segara Katon (5), Desa Rempek Darussalam (3), Desa Kayangan (5), Desa Pendua (2), Desa Santong Mulia (5), Desa Pansor (2), Desa Gunjan Asri (2), Desa Andalan (2) dan Desa Batu Rakit (3). Melalui Deklarasi Pilkades Damai ini, Kapolres juga mengimbau para calon kepala desa, panitia dan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pilkades Serentak 2021 ini dengan sejuk, aman dan damai. 

Baca juga :  Kapolsek Padangbai Sosialisasi Pencegahan Covid-19

Tak ketinggalan, Kapolres mengingatkan kepada cakades untuk tidak melakukan black campaign atau kampanye hitam terhadap calon lain. Para cakades diajak lebih menampilkan yang terbaik dalam visi dan misi mereka untuk membangun desa agar lebih baik daripada sebelumnya. Dia juga minta para kontestan menjauhkan diri dari memuaskan nafsu sesaat, egoisme, dan melanggar aturan hukum atau agama hanya untuk menang.

“Tampilkan kelebihan kita dalam rangka menjadi kepala desa untuk kemajuan di daerah masing-masing. Kita berbuat baik, tentunya akan kembali kebaikan itu kepada kita,” pesannya.

“Jangan pernah menjatuhkan orang lain dengan kekurangannya. Tampilkan yang terbaik dari diri kita, jangan menghancurkan orang lain dengan black campaign,” serunya kembali.

Dalam kondisi masih masa pandemi Covid-19 saat ini, ulasnya, cakades diajak tetap mengikuti standar prokes. Mereka juga diimbau mengkampanyekan wajib memakai masker kepada masyarakat, dan protokol kesehatan harus tetap diterapkan ketat. “Semoga dengan adanya deklarasi ini dapat meminimalisir terjadinya situasi yang tidak kondusif. Pilkades Serentak ini harus sukses, harus terlaksana dengan damai, aman dan sejuk,” urainya.

Pada deklarasi ini, selain membacakan ikrar bersama, juga diisi penandatanganan kesepakatan damai dari seluruh pihak. Mulai dari jajaran Forkopimda Kabupaten Lombok Utara, panitia pelaksana, hingga para cakades yang akan berkompetisi. fik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.