Permintaan Tinggi, Harga Cabai Rp100 Ribu per Kilo

PEDAGANG bumbu asal Kecamatan Abang yang berjualan di Pasar Amlapura, Ni Ketut Tradi, Minggu (1/1/2023) menuturkan, harga cabai disebut mulai merangkak naik sejak Sabtu (31/12/2022). foto: ist

KARANGASEM – Menapak awal tahun 2023, harga cabai mengalami lonjakan tajam mencapai Rp100 ribu per kilogram. Melambungnya harga karena tingginya permintaan, terutama karena sudah masuk persiapan Hari Raya Galungan yang tiba pada Rabu (4/1/2023).

Salah satu pedagang bumbu asal Kecamatan Abang yang berjualan di Pasar Amlapura, Ni Ketut Tradi, Minggu (1/1/2023) menuturkan, harga cabai disebut mulai merangkak naik sejak Sabtu (31/12/2022).

Bacaan Lainnya

Harga sebelumnya berkisar antara rentang Rp59 ribu hingga Rp65 ribu per kilo. Itu pun perbedaan harga karena ada perbedaan kondisi cabainya: ada yang segar, ada juga yang agak layu meski masih layak dikonsumsi.
“Sekarang sudah 100 ribu per kilo, cabainya datang dari luar kota ini,” sebutnya.

Pedagang lainnya, Ni Nyoman Suarti, mengungkapkan, kenaikan harga cabai juga dipicu langkanya cabai di wilayah Karangasem. Pemasok cabai lokal hanya dari petani kawasan Bebandem, sedangkan lainnya dari luar kota.

Karena permintaan masih tinggi, dia mengestimasi harga bisa saja naik lagi sampai kisaran maksimal Rp110 ribu per kilo. Berdasarkan pantauan, harga bumbu lain seperti bawang merah dan bawang putih masih dalam kondisi harga semula. Selain harga bumbu, harga daging daging babi kini Rp80 ribu per kilo di pasaran. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.