“Peduli Banjar” Ringankan Beban Warga Saat Corona

  • Whatsapp
KELIAN Banjar Adat Wiryasari Amlapura, Desa Adat Karangasem, Kelurahan Karangasem, I Made Arnawa. Foto: ist
KELIAN Banjar Adat Wiryasari Amlapura, Desa Adat Karangasem, Kelurahan Karangasem, I Made Arnawa. Foto: ist

KARANGASEM – Menggugah kepedulian sosial sesama krama (warga) banjar pada masa pandemi Covid-19, Kelian Banjar Adat Wiryasari Amlapura, Desa Adat Karangasem, Kelurahan Karangasem, I Made Arnawa, membuat program sosial “Peduli Banjar”. Program “dari kita untuk kita” itu digulirkan sejak tahun 2018 ketika dia dipilih menjadi Kelian Banjar Wiryasari Amlapura. 

Menurutnya, program “Peduli Banjar” itu tidak hanya memberi bantuan jinah kepaten (uang kematian) kepada krama banjar saat kedukaan, yang umum berlaku di semua banjar di Bali, tapi juga saat krama mengalami musibah. Misalnya ada yang sakit menjalani rawat inap di rumah sakit, mereka tetap mendapat bantuan uang dari krama

Bacaan Lainnya

Arnawa yang juga Pokja Wicara Adat/Hukum Adat di Majelis Desa Adat Kabupaten Karangasem menguraikan, program “Peduli Banjar” juga tidak hanya menyasar krama pengarep (anggota utama) saja, tapi juga kepada sorpe (istri dan anaknya yang belum menikah). Termasuk kepada krama penyade atau yang sudah pensiun/lanjut usia. Saat ini jumlah anggota pengarep Banjar Wiryasari sebanyak 51 orang. “Uang bantuannya dari donasi warga pengarep sejumlah minimal 10.000/orang dan bersifat sukarela,” tuturnya, Senin (9/8/2021). 

Baca juga :  Gubernur Koster Luncurkan Uji Coba Angkutan Shuttle Bus Listrik

Lanjut dipaparkan, bila ada informasi warga banjar rawat inap di rumah sakit, langsung saye (petugas) yang dapat tugas saat itu bergerak menghubungi anggota banjar. Dalam 1-2 hari uang donasi tersebut terkumpul, lanjut diserahkan kepada yang berhak. Donasi yang terkumpul mencapai rerata Rp500 ribu, nilai yang lumayan meringankan beban, apalagi saat pendemi  ini ekonomi sangat terpuruk.

Saat PPKM, sebutnya, ada dua warga banjarnya yang positif Covid-19 dan menjalani rawat inap di rumah sakit serta isoman. Warga banjar langsung bergerak untuk membantu dan berbagi. Selama pandemi, dia melalui WA grup banjar selalu mengingatkan warga untuk taat prokes. Dia juga biasa turun menyemprot disinfektan ke rumah-rumah warga sembari berbagi. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.