PDIP Karangasem Adakan Cerdas-Cermat Susastra Bali

  • Whatsapp
LOMBA cerdas cermat susastra Bali tingkat SD, SMP dan SMA yang digelar PDIP Karangasem serangkaian HUT ke-48 PDIP. Foto: nad
LOMBA cerdas cermat susastra Bali tingkat SD, SMP dan SMA yang digelar PDIP Karangasem serangkaian HUT ke-48 PDIP. Foto: nad

KARANGASEM – Serangkaian HUT ke-48 PDIP, berbagai macam perlombaan digelar di Kabupaten Karangasem. Salah satunya lomba cerdas cermat susastra Bali tingkat SD, SMP, dan SMA.

Koordinator Lomba, Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, mengatakan, perlombaan ini dilangsungkan sebagai bentuk implementasi visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang bertujuan meningkatkan literasi generasi muda Bali, khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem. “Lomba cerdas cermat susastra Bali ini baru pertama kali digelar di Bali, dan PDIP yang pertama melakukannya,” kata Wahyuni saat ditemui di kantor DPC PDIP Karangasem, Jumat (4/6/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut disampaikan, lomba ini juga bertujuan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi. Yang dimaksud yakni berkualitas, berintegritas, bermutu, profesional dan bermoral, serta memiliki jati diri yang kokoh, yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal krama Bali. nilai-nilai itu terkandung dalam bahasa, aksara, dan sastra Bali.

“Ada 27 regu yang mengikuti lomba, terdiri dari sembilan regu tingkat SD, sembilan regu tingkat SMP, dan sembilan regu tingkat SMA. Masing-masing regu terdiri dari tiga peserta,” sambungnya.

Wahyuni menambahkan, seluruh peserta mengikuti babak penyisihan, dan akan dipilih tiga peserta terbaik dari tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka akan kembali diadu pada babak final yang akan digelar pada Sabtu (5/6/2021). Hadiah bagi pemenang akan langsung diserahkan pada akhir lomba.

Baca juga :  Anggota DPR RI Peringatkan ITDC Soal Sengketa Lahan Sirkuit Mandalika

Seluruh pemenang akan dikirim ke Provinsi untuk kembali berkompetisi dengan para pemenang dari kabupaten yang lain. Melalui lomba cerdas cermat susastra Bali, dia berharap dapat meningkatkan kualitas para siswa yang mengikuti lomba agar cerdas dan cermat dalam hal bahasa, aksara dan sastra Bali. alasannya, saat ini generasi muda jarang ada yang fasih dalam hal bahasa, aksara maupun sastra Bali.

“Jadi, dengan lomba ini diharapkan generasi muda Bali menjadi lebih antusias lagi untuk mempelajari hal tersebut. Selain itu lomba ini juga untuk mengimplementasikan visi Gubernur Bali,” pungkasnya.

Panitia lomba ini, selain dari DPC PDIP Karangasem, juga melibatkan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karangasem. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.