Patung Bung Karno Akhirnya Terpasang di RTH TBK Sukasada

  • Whatsapp
PEMASANGAN patung Bung Karno pada pedestal di areal RTH TBK Sukasada, Buleleng, Selasa (21/9/2021). foto: rik

BULELENG – Patung Bung Karno akhirnya terpasang pada pedestal yang telah tersedia di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno (TBK) Sukasada, Buleleng pada Selasa (21/9/2021). Dengan pemasangan patung ini, maka progres kelanjutan pembangunan proyek RTH mencapai 62,08 persen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng, Gede Melandrat, mengatakan, tinggi patung Bung Karno adalah 8 meter, sedangkan tinggi pedestal 6 meter, sehingga total ketinggiannya 14 meter. Dengan pemasangan patung ini diharapkan pembangunan RTH TBK menjadi sebuah destinasi wisata sejarah nasional.

Bacaan Lainnya

‘’Patung Bung Karno ini menelan biaya sekitar Rp859 juta dan biaya pedestal dengan reliefnya sebesar Rp585 juta. Saya rasa Buleleng akan memiliki salah satu destinasi wisata nasional yang bersejarah karena trah Sukarno ada disini,’’ kata Melandrat.

Setelah pemasangan patung Bung Karno, kini fokus pada penyelesaian patung Singa Ambara Raja. Patung Singa Ambara Raja nanti akan menjadi ikon, mengingat akan ada panggung di depan patung Singa Ambara Raja.

‘’Ini menjadi bagian yang tidak terlepaskan nanti dalam membuat kegiatan seremonial untuk dapat membangkitkan kegiatan seni budaya lokal di Buleleng,’’ ucap Melandrat.

Baca juga :  Angkat Besi Gagal Tambah Medali, Nurul Akmal Finish Kelima

Diakui Melandrat, pembangunan wantilan juga menjadi fokus. Di wantilan ini nantinya akan ditempatkan patung Bung Karno sungkem dengan ibundanya, Nyoman Rai Srimben. “Sehingga di wantilan ini menjadi wisata edukasi untuk melihat foto-foto dan film atau karya seni lain yang berkaitan dengan Bung Karno,” katanya.

Hingga minggu ke-18 ini, progres pembangunan RTH TBK Sukasada sudah mencapai 62,08 persen termasuk penambahan pemasangan patung. Patung Bung Karno memiliki berat 1,5 ton, ditambah berat beton, sehingga beratnya mencapai 2 ton.

‘’Saat ini pengerjaan mencapai 57,08 persen dari target 47,47 persen. Ini berarti ada deviasi positif 9,61 persen diluar pemasangan patung Bung Karno,’’ pungkas Melandrat. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.