Pandemi Covid-19, Pemasukan Besakih Tahun 2020 Turun Drastis

  • Whatsapp
KETUA Manajemen Operasional Penataan Wisata Kawasan Besakih, Jero Mangku Wayan Mawit. foto: nad

KARANGASEM – Tingkat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke kawasan Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali turun drastis pada tahun 2020. Kondisi tersebut berdampak terhadap anjloknya tingkat pendapatan. Hal itu diungkapkan Ketua Manajemen Operasional (MO) Penataan Wisata Kawasan Besakih, Jero Mangku Wayan Mawit, Senin (28/12/2020).

Mawit mengatakan, sejak adanya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020, kondisi kunjungan wisatawan asing maupun lokal mengalami penurunan. Meski masih ada wisatawan asing yang datang, itu merupakan pelancong yang menetap di Bali atau di kawasan lain di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pemasukan MO Besakih juga ikut terkerek turun. “Biasanya kalau situasi normal itu pemasukan hampir 1 miliar per bulan. Sekarang akumulasi dalam satu tahun ini nominal masuk hanya 2,4 miliar,” ungkapnya.

Sesungguhnya manajemen mengupayakan banyak strategi untuk mendongkrak pemasukan. Namun, karena situasi ini sulit untuk menerapkan strategi itu. Apalagi wisatawan mancanegara tidak ada yang datang dari negara asalnya akibat belum memungkinkan bepergian ke luar negeri.

“Kami mulai merangkak kunjungan mulai 19 Juli 2020, karena di bulan Maret kami sempat tutup. Tingkat kunjungan paling tinggi itu pada Sabtu (26/12/2020), mencapai 400 orang,” jelasnya.

Baca juga :  Bulan Bung Karno, Kegiatan Ini Dilakukan PDIP Mataram

Mawit menegaskan penerapan protokol kesehatan (prokes) benar-benar dijalankan sesuai arahan pemerintah. Bagi wisatawan yang tidak bawa masker, pengelola memberi masker. Demikian juga sarana alat prokes lainnya, seperti penyanitasi tangan dan air untuk mencuci tangan.

Sejauh ini, terangnya, jumlah keseluruhan kunjungan di Besakih pada bulan Desember untuk wisatawan asing sebanyak 158 orang, dan 2.281 orang domestik. “Akumulasi dari Januari 2020 ini, wisatawan asing jumlahnya 31.589 orang, domestik 12.087 orang dengan nominal donasi domestik senilai 30 ribu dan dan wisatawan asing 60 ribu,” pungkasnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.