Optimalkan Peran Babinsa Tekan Laju Penyebaran Covid-19

  • Whatsapp
PPKM jadi perhatian serius seluruh instansi terkait, termasuk di jajaran Kodim 1619/Tabanan, yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pengawasan PPKM mikro berbasis desa dan desa adat. Foto: ist
PPKM jadi perhatian serius seluruh instansi terkait, termasuk di jajaran Kodim 1619/Tabanan, yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pengawasan PPKM mikro berbasis desa dan desa adat. Foto: ist

TABANAN – PPKM jadi perhatian serius seluruh instansi terkait, termasuk di jajaran Kodim 1619/Tabanan, yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pengawasan PPKM mikro berbasis desa dan desa adat. “Seluruh jajaran yang terlibat agar tidak bosan-bosan mendisiplinkan masyarakat, baik dari tingkat kodim, koramil hingga babinsa sebagai ujung tombak di tingkat desa,” seru Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, Kamis (18/2/2021).

Saat menyampaikan arahan kepada para babinsa, Toni mengingatkan anggotanya yang bertugas di desa-desa itu, agar selalu menyampaikan imbauan, mengingatkan, dan menegur masyarakat yang lalai menjalankan prokes. Lebih dari itu, membantu pemerintah daerah dalam menegakkan aturan yang berlaku, seperti Pergub Bali No. 46 tahun 2020 dan Perbup Tabanan No. 44 tahun 2020.

Bacaan Lainnya

‘’Pada masa pandemi Covid-19 ini, kita berharap masyarakat semakin sadar dan paham arti penting protokol kesehatan, guna menghindari Covid-19. Untuk itu, babinsa jangan bosan-bosan mengingatkan masyarakat untuk taat terhadap aturan yang berlaku, dalam penerapan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru atau tatanan kehidupan era baru,’’ tegasnya.

Toni pun mengungkap jika saat ini sudah ada penurunan drastis kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan. “Kita berharap angka kasus tersebut akan terus menurun hingga ke angka nol. Untuk itu, sebagai aparat kewilayahan tidak boleh bosan untuk mendisiplinkan masyarakat, sehingga semua warga disiplin menerapkan protokol kesehatan, dalam menjaga diri, keluarga, masyarakat, dan negara, dari Covid-19,” ujarnya.

Baca juga :  Kebangkitan Petani Milenial di Era New Nomal

Dandim Tabanan itu pun mengapresiasi keterlibatan personel anggotanya dalam penanggulangan pandemi Covid-19 di masing-masing desa, dengan membentuk Posko Terpadu Covid-19. “Semoga hal itu bisa memberikan kontribusi positif dalam menekan kasus Covid-19 di Kabupaten Tabanan,” harapnya.

Kontribusi positif yang dilakukan jajaran Kodim 1619/Tabanan, baik di tingkat kodim, koramil hingga babinsa, seperti yang telah dilaksanakan selama ini, yaitu dengan melaksanakan patroli pendisiplinan masyarakat. Hal itu dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, hingga ke desa dan banjar-banjar. Antara lain penyemprotan disinfektan, pembagian masker ataupun penyanitasi tangan, melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment), termasuk pengawasan pelaksanaan vaksinasi.

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Toni berharap agar babinsa selalu berkoordinasi dengan perangkat yang ada di desa, agar selalu mampu memberikan terobosan-terobosan dan ide-ide terbaik. “Lakukan bersama-sama untuk menekan kasus Covid-19 di desa masing-masing, sehingga tujuan dari pelaksanaan PPKM skala mikro ini dapat tercapai,” tandasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.