OPD Kabupaten Bangli Menyusut Jadi 15 Dinas

  • Whatsapp
BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyerahkan pendapat akhir kepala daerah diterima Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada, pada sidang paripurna DPRD Bangli, Selasa (10/8/2021). Foto: ist
BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyerahkan pendapat akhir kepala daerah diterima Wakil Ketua DPRD Bangli, I Nyoman Budiada, pada sidang paripurna DPRD Bangli, Selasa (10/8/2021). Foto: ist

BANGLI – Ranperda tentang Perubahan Perda Nomor 13/2016 tentang Rancangan Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Bangli telah disahkan melalui sidang paripurna DPRD Bangli, Selasa (10/8/2021). Berdasarkan Perda tersebut, jumlah dinas dalam organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab menyusut dari semula 17 menjadi 15 dinas 

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, dalam pendapat akhirnya menyebutkan, penataan organisasi merupakan hal biasa dalam suatu siklus organisasi, termasuk dalam organisasi perangkat daerah. Hal ini merupakan bagian dari proses perubahan, dalam upaya mengantisipasi berbagai kecenderungan dan tantangan yang makin berkembang. Melalui penataan organisasi ini, diharapkan kinerja pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efesien.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, penataan organisasi perangkat daerah adalah mencari struktur dan fungsi yang proporsional, bukan sekadar miskin struktur, kaya fungsi,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Ranperda yang diajukan pada rapat paripurna DPRD tanggal 14 Juni 2021 itu telah melalui serangkaian pembahasan mendalam pada rapat antara panitia khusus DPRD dengan eksekutif. Juga telah mendapat rekomendasi Gubernur Bali. Berdasarkan rekomendasi itu, sebutnya, Pemkab Bangli diminta memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

Pertama, urusan pemerintah bidang kearsipan tidak dapat digabung dengan urusan pemerintahan bidang pariwisata dan urusan pemerintahan bidang kebudayaan, karena tidak dalam satu rumpun. Kedua, urusan pemerintah bidang perpustakaan tidak dapat digabung dengan urusan pemerintahan bidang pendidikan dan urusan pemerintahan bidang kepemudaan dan olahraga, karena tidak dalam satu rumpun.

Baca juga :  Sikapi Virus COVID-19, Dinkes Bali Minta Masyarakat Tak Berlebihan Pakai Masker

Ketiga, urusan pemerintahan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa dapat digabung dengan urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, sehingga dibentuk menjadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana tipe A.

Keempat, urusan pemerintahan bidang sosial dapat digabung dengan urusan pemerintahan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sehingga dibentuk menjadi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tipe A. Kelima, urusan pemerintahan bidang transmigrasi yang sebelumnya digabung dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kini digabung dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli, sehingga menjadi Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Tenaga Kerja Tipe A.

Keenam, urusan pemerintahan bidang ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat sub-urusan kebakaran digabung dengan sub-urusan bencana, sehingga dibentuk menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Tipe A. Kemudian, perumpunan yang diatur dalam Perda Nomor 18/2016 khusus untuk urusan pemerintahan konkuren, sedangkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik adalah penyelenggara urusan pemerintahan umum, sehingga Badan Kesatuan Bangsa dan Politik tidak dapat digabung dengan Satuan Polisi Pamong Praja yang merupakan urusan pemerintahan konkuren.

Atas dasar rekomendasi tersebut, DPRD bersama eksekutif melakukan penyempurnaan terhadap Ranperda tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dan telah mendapat persetujuan bersama. “Saya  sangat mengapresiasi kerja keras kita bersama, khususnya pihak Dewan yang telah menetapkan Ranperda yang kami usulkan. Ini adalah hasil kerja keras, sinergitas dan kolaborasi yang dilandasi semangat kebersamaan,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.