Nihil Sengketa Pilkada, Kinerja Bawaslu Bangli Dipuji, Abhan Soroti Kesiapan Fasilitas Kantor

  • Whatsapp
KETUA Bawaslu RI, Abhan, melayangkan apresiasi terhadap kinerja pengawasan Bawaslu Bangli saat Pilkada 2020 lalu. Tidak adanya sengketa hasil Pilkada dinilai sebagai bukti bagaimana pengawasan di Bangli berjalan dengan baik. foto: ist

BANGLI – Ketua Bawaslu RI, Abhan, melayangkan apresiasi terhadap kinerja pengawasan Bawaslu Bangli saat Pilkada 2020 lalu. Tidak adanya sengketa hasil Pilkada dinilai sebagai bukti bagaimana pengawasan di Bangli berjalan dengan baik. Hasil pemilihan juga diterima masyarakat dan peserta pemilihan.

“Ini berkat kerja keras kita semua, maka apa yang sudah kita capai pada Pilkada 2020 harus dipertahankan, dan juga persiapkan untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mendatang. Untuk saat ini apa yang baik harus kita pertahankan, dan apa yang kurang harus kita perbaiki,” seru Abhan saat kunjungan kerja ke Bawaslu Bangli, Jumat (2/7/2021).

Bacaan Lainnya

Abhan menegaskan, tahun 2021 ini merupakan tahun konsolidasi internal bagi Bawaslu untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Konsolidasi internal sangat penting dilakukan, sebutnya, menimbang Pemilu dan Pilkada 2024 penuh dengan kompleksitas. Bawaslu sudah berpengalaman dalam Pileg, Pilpres tahun 2019. “Nanti tahun 2024 akan ditambah lagi dengan pilkada bupati dan wali kota serta pemilihan gubernur, yang akan membuat kompleksitasnya semakin tinggi,” pesannya.

Menurutnya, konsolidasi internal seperti tersedianya aset kantor yang lebih representatif sangat penting untuk dipersiapkan. Melihat kontestasi politik mendatang, Bawaslu akan kembali menyelesaikan pelanggaran yang terjadi. Fasilitasi aset kantor yang lebih memadai tentu akan meningkatkan kinerja Bawaslu kelak.

Baca juga :  Putri Koster: Perajin di Bali Sangat Kreatif

“Mudah-mudahan Pemkab Bangli segera bisa memfasilitasi aset kantor kepada Bawaslu Bangli. Sebab, kantor ini juga sangat penting untuk mendukung performa Bawaslu,” harap Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu RI tersebut.

Dari sisi SDM, Abhan menyebut sangat penting untuk konsolidasi. Di tengah kondisi tidak ada tahapan pemilu saat ini, dia menyerukan sangat baik bagi Bawaslu untuk lebih meningkatkan kapasitas SDM. Dengan demikian, ketika Pemilu-Pilkada Serentak 2024 tiba, Bawaslu benar-benar siap menghadapi. “Ini adalah momen bagi teman-teman untuk lebih meningkatkan diri, demi mempersiapkan diri menghadapi Pemilu dan Pilkada tahun 2024,” ajaknya memungkasi. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.