Tumbuhkan Cinta Tanah Air, KPU Tabanan Kumandangkan “Indonesia Raya” dan Pancasila

  • Whatsapp
SURAT KPU RI perihal imbauan pelaksanaan apel pagi, memperdengarkan lagu “Indonesia Raya”, dan membaca naskah Pancasila, berlaku sejak 1 Juli 2021. Imbauan ini dijalankan jajaran KPU Tabanan. foto: ist

TABANAN – Berdasarkan Surat KPU RI Nomor 604/SDM.03.5-SD/05/KPU/VI/2021 perihal imbauan pelaksanaan apel pagi, seluruh jajaran KPU se-Indonesia memperdengarkan lagu “Indonesia Raya” dan membaca naskah Pancasila. Hal itu berlaku sejak 1 Juli 2021, termasuk di jajaran KPU Tabanan.

Terkait surat itu, Ketua KPU Kabupaten Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, berkata bersama jajarannya menjalankan imbauan KPU RI tersebut. ‘’Sesuai surat bertanggal 30 Juni 2021 itu, maka kami melaksanakan imbauan tersebut mulai 1 Juli 2021,’’ ungkapnya, Jumat (2/7/2021).

Bacaan Lainnya

Weda mengatakan, surat KPU RI itu merujuk Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/81/M.KT.00/2021 tanggal 14 Juni 2021. Intinya tentang imbauan pelaksanaan apel pagi dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air, pengabdian terhadap negara dan rakyat Indonesia, serta ketaatan terhadap ideologi Pancasila dan UUD 1945 di lingkungan KPU.

Dalam surat KPU RI itu, lanjutnya, seluruh jajaran KPU se-Indonesia diimbau melaksanakan apel seminggu sekali tiap Senin pagi. Selain itu, jelasnya, juga memperdengarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” setiap Selasa dan Kamis pada pukul 10.00, serta membacakan naskah Pancasila setiap Rabu dan Jumat pada pukul 10.00.

Baca juga :  Soal Perjalanan Dinas DPRD NTB Jadi Temuan BPK, Sekwan: Sisa Tunggakan Cuma Rp130 Juta

“Kalau apel pagi kan selama ini sudah rutin kami lakukan setiap Senin. Sekarang yang terbaru adalah setiap Selasa dan Kamis menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’, sedangkan tiap Rabu dan Jumat membacakan naskah Pancasila, tepat pukul 10.00 Wita,” paparnya.

Weda menilai hal itu bagus dijalankan dalam upaya meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air, khususnya di lingkungan KPU Tabanan. Semua komisioner, sekretaris, dan staf, wajib mengikuti kegiatan tersebut.

“Kalau tidak bisa di lapangan upacara, bisa juga di ruang pertemuan atau dari ruang kerja masing-masing. Intinya, setiap pukul 10.00 Wita kami hentikan aktivitas sejenak untuk mengumandangkan lagu ‘Indonesia Raya’ maupun membaca naskah Pancasila. Posisi berdiri tegak, sikap hormat sempurna, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan,” tandasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.