Nasdem Bali Undang Perempuan Duduk di Struktur Partai

  • Whatsapp
NOPI Seri Jayanti (kiri) saat rapat kerja DPW Partai Nasdem Bali, Selasa (12/10/2021). Foto: ist
NOPI Seri Jayanti (kiri) saat rapat kerja DPW Partai Nasdem Bali, Selasa (12/10/2021). Foto: ist

DENPASAR – Peran aktif perempuan tidak sekadar dalam kehidupan bermasyarakat, tapi juga di organisasi politik. Menempatkan perempuan dalam kepengurusan parpol bukan semata-mata penyeimbang gender, melainkan juga karena pertimbangan pembuatan kebijakan. Pandangan itu dilontarkan Wakil Sekretaris DPW Partai Nasdem Bali, Luh Putu Nopi Seri Jayanti, Selasa (12/10/2021). Nopi mengutarakan hal tersebut menyikapi pernyataan Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, yang mendorong parpol lebih memperhatikan keterwakilan perempuan dalam struktur partainya.

“Saya sangat setuju parpol didorong untuk menempatkan lebih banyak keterwakilan perempuan di kepengurusan, dan kami di Nasdem sudah menjalankan itu. Bukan hanya untuk keseimbangan gender, tapi ada beberapa kebijakan publik terkait khusus perempuan, itu yang paham yaperempuan,” cetus perempuan berparas ayu tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebagai pendatang baru di dunia politik, Nopi mengakui bukan hal mudah perempuan ikut berpolitik praksis. Sebab, masih banyak perempuan enggan berpolitik karena berpandangan politik itu sebagai dunia laki-laki. Padahal, jelasnya, dengan makin banyak perempuan mengurus partai dalam struktur, maka makin mudah parpol tersebut merekrut caleg perempuan.

“Kalau di Bali memang agak jarang ya perempuan berpolitik jika dibandingkan laki-laki. Ada pandangan berpolitik itu seakan-akan bukan dunia perempuan,” ulasnya usai rapat kerja Nasdem Bali.

Baca juga :  Fraksi PKS DPRD NTB Dukung Program JPS Gemilang

Disinggung untuk Partai Nasdem, Nopi mengklaim sejak awal selalu menempatkan sekurang-kurangnya 30 persen perempuan dalam kepengurusan partai di seluruh Indonesia. Malah untuk DPW Partai Nasdem Bali, ucapnya, hampir 50 persen dihuni kaum Hawa. Di sisi lain, jelasnya, Nasdem malah sangat senang jika banyak perempuan bergabung ke partai yang dibangun Surya Paloh tersebut.

“Misalnya kegiatan anak, terkait lingkungan dan kegiatan perempuan itu dominan perempuan yang mampu menjalankan. Yang jelas Nasdem membuka pintu lebar-lebar untuk perempuan bergabung bersama kami,” pungkasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.