Musim Durian, Pemilik Kebun Jual di Depan Rumah

MUSIM buah durian dimanfaatkan warga Karangasem yang punya kebun untuk menjual secara langsung di depan rumahnya. Foto: ist

KARANGASEM – Musim buah durian dimanfaatkan warga Karangasem yang punya kebun untuk menjual secara langsung. Sebagian menjual dengan membuat pondok di pinggir jalan raya.

Di wilayah Desa Penaban, Kelurahan Karangasem misalnya, Sukinah (55) menata meja di pinggir jalan untuk menjajakan buah durian yang dia beli dari kebun durian warga setempat. “Dalam sehari pasti saja dapat jualan. Saya jual durian susu dan durian kuning,” katanya, Kamis (19/1/2023).

Bacaan Lainnya

Harganya beragam, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp40 ribu bergantung ukuran. Sakinah mulai menjajakan jualannya dari pukul 08.00 hingga 18.00. “Bergantung ya jam berapa habisnya. Paling singkat saya selesai jualan jam 4 sore,” cetus pedagang dengan omzet sehari rata-rata Rp400 ribu.

Di Dusun Waliyang, Desa Abang juga terdapat sejumlah penjual durian. Desak Made Tika salah satunya, yang menjual durian lokal secara langsung di pondok warungnya. Tika mengatakan, dalam musim durian saat ini, kondisi buah baik dan bagus meski ada beberapa yang rusak karena faktor alam.

“Saya ada buah yang dipetik dari kebun sendiri, ada juga titipan dari tetangga yang dititip jual di sini. Kalau harganya bervariasi, bergantung ukuran dan jenis duriannya,” tutur Tika.

Baca juga :  Legislatif Setuju Empat Raperda Disahkan Jadi Perda

“Tiap hari ada pengepul yang ambil, selain pembeli yang datang karena sudah langganan musiman. Durian di sini rasanya enak,” sambungnya memungkasi. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.