Menang di Tingkat Kasasi, Berkarya Versi Muchdi PR Siap Rangkul Kubu Tommy

KETUA DPC Partai Berkarya Lobar, Suherman. Foto: ist

LOBAR – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi Partai Berkarya pimpinan Muchdi Purwopranjono (Muchdi PR). Putusan ini membalik dua putusan hukum sebelumnya yang memenangkan kubu Hutomo Mandala Putra, atau dikenal dengan sebutan Tommy Soeharto.

“Kabul kasasi. Batal judex facti, adili sendiri. Gugatan tidak diterima,” demikian bunyi putusan kasasi yang dilansir website MA, Selasa (29/3/2022).

Bacaan Lainnya

Putusan yang diputus pada 22 Maret 2022 tersebut diketok Ketua Majelis Irfan Fachruddin dengan anggota Yosran dan Is Sudaryono, dengan panitera pengganti Maftuh Effendi.

Dengan keluarnya putusan hasil kasasi tersebut, kubu Muchdi PR angkat bicara dan mengaku bersyukur kisruh yang selama ini terjadi telah berakhir.

“Alhamdulillah, kami di daerah sangat bersyukur dengan keluarnya putusan inkrah (berkekuatan hukum tetap) di tingkat kasasi telah memberi kejelasan,” cetus Ketua DPC Partai Berkarya Lobar, Suherman, Selasa (29/3/2022).

Dengan putusan tersebut, kata dia, tidak ada lagi kubu-kubuan di tubuh Partai Berkarya, baik di tingkat pusat maupun daerah. Jelas tidak ada lagi yang namanya kubu A, kubu B atau yang lainnya.

Untuk itu, sambungnya, dia mengajak para simpatisan dan kader Berkarya di mana pun berada, khususnya di Lombok barat, untuk bersatu dan menyatukan visi-misi menyongsong Pemilu 2024. “Dan bersiap diri mengikuti tahapan verifikasi,” ajak politisi asal Sekotong tersebut.

Baca juga :  Sebanyak 19 Atlet dan Ofisial PON XX Papua Positif Covid-19

Sekretaris Komisi IV DPRD Lobar itu juga berharap para kader yang sebelumnya berada di kubu lain, untuk legowo menerima putusan dari Mahkamah Agung.

Keluarnya putusan tersebut juga dinilai sebagai jawaban atas keraguan-keraguan kubu mana yang sah atau tidak. “Kami mengajak, mari kita bergabung, menyatu seiring sejalan. Kami terbuka menerima siapa pun yang bersedia bergabung,” tegasnya lagi.

Dengan hasil putusan itu, dia mengaku makin bersemangat mempersiapkan diri mengikuti verifikasi faktual yang akan dilaksanakan KPU Lobar.

“Sekali lagi, kami tegaskan dan mengajak seluruh kader dan simpatisan untuk bersatu, berjuang membawa Partai Berkarya menuju pesta demokrasi tahun 2024 mendatang,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Tomi Soeharto dua kali menang melawan Menkumham RI dan kubu Muchdi PR di tingkat pertama dan banding. Namun, di tingkat kasasi, putra bungsu mantan Presiden Soeharto itu harus menelan kenyataan tak menyenangkan karena kalah dari pensiunan jenderal Kopassus, Muchdi PR. ade

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.