Libur Nataru, Dispar Buleleng Prediksi Bakal Terjadi Lonjakan Wisatawan

KEPALA Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara. Foto: ist
KEPALA Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BULELENG – Jumlah wisatawan yang akan berlibur ke Buleleng pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 diperkirakan meningkat. Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng telah menginstruksikan pengelola daerah tujuan wisata (DTW) dan penyedia jasa akomodasi untuk menyiapkan lonjakan pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Jumat (1/12/2023) mengatakan, meski diperkirakan akan ada peningkatan, namun pihaknya belum bisa mengestimasikan berapa jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Buleleng. Hal itu baru diketahui setidaknya 10 hari sebelum libur Nataru dimulai.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, sudah ada beberapa pesanan akomodasi di Buleleng yang masuk untuk libur Nataru. Namun pesanan itu sebagian besar dari wisatawan asing. Untuk wisatawan lokal biasanya baru memesan akomodasi mendekati masa liburan.

‘’Kalau jumlah belum bisa kami estimasi. Mungkin mendekati baru bisa, karena wisatawan domestik biasanya mendekati libur baru memesan,’’ ujarnya.

Jumlah wisatawan yang berkunjung pada musim liburan akhir tahun ini pun diperkirakan lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebab saat ini sudah tidak ada lagi pembatasan akibat Covid-19 seperti tahun sebelumnya.

Merujuk dari data Dinas Pariwisata Buleleng, ada 52.591 wisatawan domestik dan 21.776 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Buleleng pada musim liburan akhir tahun lalu. ‘’Kami berharap kunjungan wisatawan ke Buleleng saat Nataru lebih tinggi jumlahnya dari Desember 2022, karena sekarang status Covid-19 sudah dicabut,’’ harapnya.

Baca juga :  Senin, Erick Thohir Kunjungi Ubud, Bantu Pakan Monyet dan Sembako

Di sisi lain, Dinas Pariwisata Buleleng pun telah memberikan arahan kepada pengelola DTW untuk melakukan persiapan lonjakan jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Beberapa DTW favorit di Buleleng yang diperkirakan ramai dikunjungi, yakni Pantai Lovina dengan atraksi lumba-lumba, Air Panas Banjar, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Pulau Menjangan, wisata menyelam di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, hingga Danau Buyan dan Danau Tamblingan. ‘’Kami juga akan perbanyak rambu dan imbauan berlibur untuk wisatawan, yang boleh dilakukan wisatawan dan yang harus dipersiapkan,’’ pungkas Dody. edy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.