Legislatif Rekomendasi Geser Anggaran Penanganan Corona, Juga Misi Bupati Bangli

  • Whatsapp
DPRD Bangli merekomendasi terkait refocusing melalui pergeseran anggaran mendahului perubahan APBD 2021 demi penanganan Covid-19. Foto: ist
DPRD Bangli merekomendasi terkait refocusing melalui pergeseran anggaran mendahului perubahan APBD 2021 demi penanganan Covid-19. Foto: ist

BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, bersurat ke DPRD Bangli terkaitan pelaksanaan refocusing anggaran melalui pergeseran anggaran mendahului perubahan APBD 2021 demi penanganan Covid-19. Legislatif kemudian memberi rekomendasi terkait refocusing dimaksud. Demikian disampaikan Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, usai rapat dengan anggotanya, Selasa (30/3/2021). 

Suastika mengatakan, surat Bupati Bangli Nomor 900/527/BKPAD itu berisi permohonan rekomendasi pergeseran APBD 2021. Intinya, pemerintah akan melakukan penyesuaian penggunaan anggaran melalui pergeseran program dan kegiatan prioritas, dalam rangka mendukung pencapaian visi dan misi Bupati/Wakil Bupati terpilih. Hal ini berpedoman pada lampiran Bab VI huruf D angka 1 poin h Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 77 tahun 2020, tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Bacaan Lainnya

Dalam aturan itu, jelasnya, disebutkan bahwa pada kondisi tertentu, pergeseran anggaran yang disebabkan perubahan APBD dapat dilakukan sebelum perubahan APBD melalui ketetapan kepala daerah, dengan diberitahukan kepada pimpinan DPRD. “Kondisi tertentu tersebut dapat berupa kondisi mendesak atau perubahan prioritas pembangunan, baik di tingkat nasional atau daerah,” urai Suastika. 

Lebih jauh diutarakan, surat itu telah dibahas dalam rapat anggota DPRD Bangli. Yang diminta eksekutif yakni, pertama, untuk penanganan Covid-19. Berikutnya untuk percepatan pembangunan di Bangli. Sebelum dibahas di legislatif, dia mendaku sudah berkoordinasi dengan Bupati soal program yang akan dilaksanakan Bupati. Salah satunya penataan atau mempercantik wajah Kota Bangli.

Baca juga :  Wakil Badung Raih Peringkat Tiga Lomba Inovasi Kategori Masyarakat Tingkat Nasional

Selain itu, sambungnya, ada santunan kematian, dan memberi bantuan bagi masyarakat yang akan berangkat ke luar negeri. Namun, anggaran keberangkatan itu memang dalam bentuk pinjaman, dan akan dilaksanakan melalui Bank Daerah Bangli. 

Suastika belum bisa menyebut detail pos anggaran yang digeser, berikut nilai nominalnya. Kata dia, untuk refocusing adalah kewenangan Bupati, dan karena sifatnya darurat untuk penanganan Covid-19, DPRD tidak akan menghambat. “Anggaran yang direfocusing akan terlihat dalam pembahasan APBD Perubahan. Kami hanya menidaklanjuti surat dari Bupati terkait pergeseran anggaran telah ditindaklanjuti, dan memang Dewan memberi rekomendasi berdasarkan kesepakatan anggota,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.