Legalitas Ketua DPD Hanura NTB Dipersoalkan

  • Whatsapp
KETUA Bina Wilayah DPP Partai Hanura, Agus Abdullah. Foto: rul
KETUA Bina Wilayah DPP Partai Hanura, Agus Abdullah. Foto: rul

MATARAM – Kemelut di tubuh Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) NTB menuai komentar pedas dari Ketua Bina Wilayah DPP Partai Hanura, Agus Abdullah. Dia menilai penunjukan Ahmad Dahlan alias Leo selaku Ketua DPD Hanura NTB sebagai kebijakan cacat legal formal, karena tanpa didasari keputusan rapat harian sebagaimana diatur dalam AD/ART partai.

Agus menegaskan, pengurus harian DPP hingga saat ini belum mendapat SK Menteri Hukum dan HAM sebagai dasar hukum dalam mengambil keputusan dan ketetapan administrasi kepartaian. Partai politik juga dijalankan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 2/2011 tentang Partai Politik. “Ini langkah aneh. Keputusan DPP yang menunjuk Ketua DPD NTB  tidak sah,” tudingnya, Rabu (8/12/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, DPP memberlakukan ketentuan tertentu tanpa pertimbangan asas principle of legality dan nebis vexari rule. Artinya, setiap tindakan administrasi partai politik berdasarkan aturan partai harus berdasarkan keputusan bersama. Jika tidak, maka perlu mencontoh daerah lain yang melakukan musyawarah daerah luar biasa seperti di DKI Jakarta dan Maluku. “Musdalub itu ditempuh sebagai syarat dalam membangun demokrasi kepartaian, bukan dengan cara keputusan sepihak,” sesalnya.

Terkait kebijakan tersebut, Agus menduga ada oknum di DPD Hanura NTB yang justru membangun citra negatif sekaligus provokasi terhadap kader lain, yang akan turut berpartisipasi dalam pencalonan Ketua DPD Hanura NTB. “Sikap tersebut sangat berbahaya untuk kemajuan Partai Hanura NTB. Saya meminta jangan lagi ikut campur rumah tangga Hanura karena bergerak tanpa pertimbangan objektif,” katanya menandaskan.

Baca juga :  Desa Peguyangan Kaja Giatkan Patroli Dialogis dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Ahmad Dahlan yang hendak dimintai tanggapan atas tudingan tersebut, sampai berita ini ditulis, tidak bisa dihubungi. Saat nomor ponselnya dihubungi terdengar nada sambung tapi tidak diangkat. Pesan lewat Whatsapp juga tidak dibalas. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.