Kuta Prioritas Vaksinasi Setelah Tuntas Zona Hijau

  • Whatsapp
WABUP Suiasa dialog dengan pemangku kepentingan terkait vaksinasi di Kantor Camat Kuta, Kamis (1/4/2021). foto: ist

MANGUPURA – Pemkab Badung, Bali, terus gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi Covid-19. Setelah menuntaskan vaksin bagi masyarakat di wilayah zona hijau, vaksinasi akan diprioritaskan dan menyasar masyarakat di Kecamatan Kuta.

Hal tersebut disampaikan Wabup Badung, Ketut Suiasa saat berdialog dengan para Lurah, Bendesa Adat,

Bacaan Lainnya

Kepala Lingkungan se-Kecamatan Kuta dan UPT Disdikpora Kecamatan Kuta, di ruang pertemuan Kantor Camat Kuta, Kamis (1/4/2021). Pertemuan dihadiri anggota DPRD Badung Anom Gumanti; Kadis Kesehatan Nyoman Gunarta; dan Camat Kuta, Nyoman Rudiarta.

Menurut Suiasa, pemerintah berkomitmen melaksanakan vaksinasi masyarakat Kuta, setelah 80 persen masyarakat di zona hijau menerima vaksin. Sebanyak 10 tim akan diarahkan ke Kuta dan dibagi masing-masing kelurahan, sehingga mempercepat jalannya vaksinasi dan terciptanya zona hijau di Kuta.

Guna mempercepat bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Bali serta Badung, Pemerintah Pusat telah menetapkan wilayah zona hijau untuk Bali. Di Badung ada empat kelurahan sebagai zona hijau yaitu Kelurahan Tanjung Benoa, Kelurahan Benoa, Kelurahan Jimbaran Kelurahan Tuban di Kecamatan Kuta.

Bila zona hijau sudah selesai divaksin, pemerintah pusat mulai merintis dibukanya pariwisata MICE seperti pertemuan internasional diselenggarakan di Bali, serta membuat program work from Bali, dimana Kementerian dan Lembaga membuat kegiatan di Bali untuk mempromosikan Bali aman.”Ini menjadi skenario untuk membangun kepercayaan internasional bila bali itu aman,” ujarnya.

Baca juga :  Bupati Suwirta Dukung Pencanangan Wilayah Bebas Korupsi

Saat ini vaksinasi di empat zona hijau sedang berjalan, dengan memaksimalkan 56 tim. Begitu pula vaksinasi oleh tim reguler di masing-masing puskesmas dan rumah sakit juga tetap dilakukan. Bila vaksinasi di zona hijau sudah 80 persen, tim diarahkan ke wilayah Kuta.

Demi lancarnya vaksinasi, Wabup Suiasa mohon dukungan dan fasilitasi dari Camat, Lurah, Bendesa maupun Kaling untuk menyiapkan sarana prasarana pendukung dari petugas vaksinasi seperti laptop, printer, kursi dan meja.

Di bagian lain, Suiasa juga menyampaikan terkait akan dibukanya Pembelajaran Tatap Muka (PTM), yang akan dimulai di sekolah di Kecamatan Petang yang sebagian besar wilayahnya sudah zona hijau.

Saat ini Satgas Covid-19 Kecamatan Petang masih melakukan kajian dan meminta persetujuan ortu murid. “Petang kita akan jadikan contoh penerapan PTM. Bila sudah berjalan baik, akan dilanjutkan ke sekolah lain,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Badung, I Gusti Amon Gumanti, mengajak para lurah, bendesa adat dan kaling di Kecamatan Kuta untuk mensosialisasikan vaksinasi ini. “Karena tidak ada alasan lain kecuali seluruh masyarakat Kuta sudah divaksin, itu bukti otentik yang kita bisa setorkan ke pusat untuk membuka zona hijau di Kuta, ” jelasnya.

Camat Kuta, I Nyoman Rudiarta, menyebutkan pelaksanaan vaksinasi green zona tahap I Kelurahan Tuban sudah berjalan. Ada 4 titik vaksinasi, yaitu di Banjar Kelan Abian vaksinasinya sasaran 1.578 dan hingga hari ini (kemarin-red) sudah menerima vaksin 1.576 dan akan dilakukan lagi hari Sabtu sebanyak 250 sasaran.

Baca juga :  Lagi, Pengerupukan di Gianyar Tanpa Ogoh-Ogoh

Pihaknya juga berharap guru-guru menjadi prioritas vaksinasi guna antisipasi dibukanya pembelajaran tatap muka. “Kami dan masyarakat Kuta sangat berharap green zona yang sudah dilakukan di Tuban bisa dilanjutkan di wilayah lain di Kecamatan Kuta,” ujarnya. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.