Vaksinasi Zona Hijau Capai 71 Ribu Orang

  • Whatsapp
PELAKSANAAN vaksinasi zona hijau di salah satu hotel di Jimbaran. foto: ist

MANGUPURA – Antusias warga di wilayah penyangga zona hijau (green zone) Nusa Dua, Badung, Bali, sangat tinggi untuk divaksin. Partisipasi masyarakat untuk vaksinasi tahap pertama terus dikebut oleh Pemkab Badung.

Camat Kuta Selatan, Ketut Gede Arta, mengatakan, warga penyangga zona hijau; Kelurahan Benoa, Tanjung Benoa, dan Jimbaran sangat antuasias divaksin. Masyarakat memahami penting vaksinasi sebagai upaya melindungi diri, sekaligus memulihkan sektor pariwisata dengan skema green zone travel bubble.

Bacaan Lainnya

“Memang antusiasme warga mendapatkan vaksinasi sangat tinggi. Itu tidak terlepas dari peran semua pihak suskseskan vaksinasi,” katanya, Minggu (4/4/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr Nyoman Gunarta, di kesempatan terpisah menerangkan, jumlah target vaksinasi masyarakat di kawasan inti zona hijau dan penyangga 83 ribu orang. Hingga Sabtu (3/4/2021) jumlah sasaran yang telah vaksinasi telah mencapai 71.140 orang.

Untuk Kelurahan Benoa yang telah divaksin 24.279 orang, Kelurahan Tanjung Benoa 6324 orang, Kelurahan Jimbaran sebanyak 26.070 orang dan Kelurahan Tuban sebanyak 14.167 orang. “Untuk vaksinasi di zona hijau dilakukan di 12 tempat. Ada 60 tim yang diturunkan vaksinasi di Zona Hijau,”terangnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung sebelumnya telah menerima sebanyak 89.000 dosis vaksin AstraZeneca yang khusus dipergunakan menuntaskan program vaksinasi di wilayah zona hijau (Green Zone). Jumlah vaksin yang diterima itu telah melebihi sasaran di wilayah green zone sebanyak 83.000 orang lebih.

Baca juga :  PGRI Denbar Bagikan Sembako ke Komunitas Pendidikan

Selain zona inti dan zona penyangga, vaksinasi juga menyasar Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal ditempat zona hijau atau bekerja di kawasan zona hijau. Syarat vaksinasi itu dilakukan adalah jika WNA yang tinggal atau bekerja di kawasan zona hijau itu sudah mempunyai Kitas Atau Kitap.

“Untuk vaksinasi bagi WNA tersebut sudah dilakukan, terutama mereka yang di Nusa dua, yang sebagian besar bekerja disana. Seperti level GM atau Manager di kawasan Nusa Dua,”ujarnya.

Hingga saat ini, vaksinasi masyarakat yang berada di zona penyangga green zone sudah mencapai 90 persen lebih. Di Kelurahan Tanjung Benoa sudah rampung 100 persen pada bulan Maret lalu. Untuk Kelurahan Benoa vaksinasi sudah rampung sekitat 96,9 persen, sedangkan Jimbaran sudah mencapai 68 persen.

Diperkirakan vaksinasi itu rampung dilaksanakan pada 7 April 2021. Ia mengakui, memang ada beberapa warga yang gagal divaksin. Hal itu dikarenakan belum lolos proses skrining, seperti ada yang tekanan darahnya tinggi dan faktor lainnya. gay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.