KPU RI Reorganisasi Pengampu Semua Divisi, Ilham Saputra Ketua Definitif

  • Whatsapp
PARA komisioner KPU RI usai rapat pleno untuk memilih Ketua definitif, Rabu (14/4/2021). Foto: ist
PARA komisioner KPU RI usai rapat pleno untuk memilih Ketua definitif, Rabu (14/4/2021). Foto: ist

DENPASAR – KPU RI menata ulang organisasi dengan tukar guling para pengampu divisi yang ada. Selain itu, Ilham Saputra yang sebelumnya hanya berstatus Plt Ketua pengganti Arief Budiman, setelah rapat pleno pada Rabu (14/4/2021) resmi ditetapkan menjadi Ketua definitif. Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, mengutarakan hal tersebut, Kamis (15/4/2021).

Dia memaparkan, rapat pleno tertutup KPU RI yang diikuti lengkap tujuh komisioner tersebut, Rabu (14/4/2021) sepakat memilih Ilham sebagai nakhoda lembaga sampai dengan akhir masa jabatan periode ini yakni April 2022. Menurutnya, penetapan Ilham baru dapat dilakukan karena situasi saat ini yang relatif landai bagi KPU untuk menata internalnya. Sebagai catatan, Ilham menggantikan Arief Budiman dengan status Plt karena putusan majelis DKPP memberhentikan Arief dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI.   

Bacaan Lainnya

“Karena situasi masih tahapan Pilkada berlangsung dan begitu kompleks persoalan di 270 daerah, makanya dipilih Plt dulu. Tapi kan tidak bisa selamanya status Plt, karena penting terpilih ketua definitif. Semua itu terkait aspek legalitas dan memang secara formal lembaga wajib punya ketua definitif,” urai mantan Ketua KPU Bali tersebut.

Selain menetapkan Ilham sebagai Ketua, jelasnya, semua komisioner sepakat mereorganisasi para pengampu divisi yang ada. Berhubung Ketua bertugas menggerakkan roda organisasi dan aktivitas di KPU RI, maka beban tanggung jawabnya juga besar. Untuk itu keenam divisi dibagi habis ke anggota, tanpa Ketua memegang divisi. Hal ini berbeda dengan KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota yang ketuanya menjadi penanggung jawab salah satu divisi juga.

Baca juga :  Langgar Waktu PPKM, Pengunjung Kafe Diminta Pulang

Terkait penataan organisasi, Raka Sandi kini menjadi Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat dengan Pramono Ubaid Tanthowi sebagai Wakil Ketua. Pramono mengendalikan Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik dengan Arief Budiman menjadi Wakil Ketua. Viryan menjabat Ketua Divisi Data dan Informasi dengan Evi Novida Ginting Manik selaku Wakil Ketua. Di Divisi Hukum dan Pengawasan, Hasyim As’yari menjadi Ketua dengan dibantu Raka Sandi sebagai Wakil Ketua. Mantan Ketua KPU RI, Arief Budiman, kini mengampu jabatan Ketua Divisi SDM, Organisasi, Diklat dan Litbang dengan dibantu Viryan sebagai Wakil Ketua. Terakhir, Ketua Divisi Teknis diemban Evi Novida dengan Hasyim As’yari sebagai Wakil Ketua. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.