KPU Badung Sediakan Dua TPS di Lapas Kerobokan

  • Whatsapp
KETUA KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, bersama komisioner Nesia Gandi bersama Kalapas Perempuan, Lili, saat kunjungan ke Lapas Perempuan, Senin (29/6/2020). Foto: Ist
KETUA KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, bersama komisioner Nesia Gandi bersama Kalapas Perempuan, Lili, saat kunjungan ke Lapas Perempuan, Senin (29/6/2020). Foto: Ist

MANGUPURA – Tiga komisioner KPU Badung mendatangi Lapas Kerobokan untuk pendataan jumlah warga binaan yang akan menjadi pemilih pada Pilkada 2020, Senin (29/6/2020). Karena sifatnya khusus, meski total jumlah pemilih di bawah 500 orang, KPU akan membuat dua TPS di sini. Masing-masing untuk lapas laki-laki dan lapas perempuan.

Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, usai kunjungan menuturkan, jajarannya berkoordinasi dengan pihak lapas untuk memudahkan persiapan Pilkada, terutama menentukan jumlah pemilih dan pembuatan TPS. Di Lapas Kerobokan, kata dia, KPU diterima Kalapas Yulius Sahruzah. Sementara di Lapas Perempuan diterima Kalapas Lili.

“Kami menyampaikan perihal pelaksanaan tahapan Pilkada Badung 2020 yang dilanjutkan pada masa pandemi Covid-19. Juga terkait proses pemutakhiran data pemilih dan perekrutan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang ditugaskan untuk coklit di lapas,” ungkapnya yang saat kunjungan didampingi komisioner Ni Luh Nesia Padma Gandi dan IGKG Yusa Arsana Putra.

Baca juga :  PPDB SMPN di Denpasar Dimulai 18 Juni, Sediakan Kursi untuk Dampak Covid-19

Lebih jauh diutarakan, pemilih di lapas memiliki keunikan sendiri karena hanya mengkhusus terkait pemilih yang menjadi warga binaan saja. Makanya lapas disebut TPS khusus, tapi tetap data pemilihnya harus penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih, plus memiliki KTP Badung. Dia berkata minta data warga binaan lapas yang per tanggal 9 Desember 2020 masih mendekam ada di sana. Berbekal data itu KPU bisa membuat data pemilih tetap.

“Mutasi pemilih di lapas itu cepat sekali ada pindahan dari warga luar. Kalau sebelum 9 Desember ada yang sudah keluar, mereka akan didata di rumah masing-masing. Sekali lagi ini khusus untuk warga binaan yang memiliki KTP Badung,” papar komisioner yang bisa disapa Kayun itu.

Baca juga :  Pemkab Karangasem Ucapkan ‘’Rahajeng Rahina’’ Nyepi Saka 1942

Untuk data pemilih, Kayun mengutip data dari Yusa Arsana Putra selaku komisioner yang menangani data pemilih, berkata untuk di lapas Laki-laki terdapat estimasi pemilih awal 172 orang, dan di lapas perempuan terdapat 83 pemilih. Meski jumlah pemilih di bawah 500, tapi karena tempatnya terpisah, maka akan dibuat dua TPS terpisah.

Kalapas Yulius Sahruzah dan Kalapas Lili, sambungnya, menyatakan kesiapan untuk terus-menurus bersinergi dengan KPU Badung dalam menyukseskan Pilkada 2020. Secara prinsip Lapas Kerobokan mendukung penuh apa yang dilakukan KPU Badung, termasuk menjalankan tahapan-tahapan yang ada. “Kami berterima kasih sekali kepada kepala lapas yang selama ini selalu membantu berkaitan dengan koordinasi, komunikasi, dan terkhusus pada setiap proses pemutakhiran data pemilih yang ada di lapas,” pungkasnya. hen

banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 SMK BALI DEWATA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.