Kolom Kosong Tempati Sisi Kiri Paslon Giriasa

  • Whatsapp
GIRI Prasta menunjukkan spesimen surat suara yang menunjukkan posisi paslon Giriasa di sisi kanan, dan kolom kosong di sisi kiri, usai pengundian tata letak paslon di Patra Hotal Bali, Kamis (24/9/2020). Foto: Ist
GIRI Prasta menunjukkan spesimen surat suara yang menunjukkan posisi paslon Giriasa di sisi kanan, dan kolom kosong di sisi kiri, usai pengundian tata letak paslon di Patra Hotal Bali, Kamis (24/9/2020). foto: Ist

BADUNG – Ketika KPU lain di Bali menjalankan tahapan pengundian nomor urut paslon, khusus KPU Badung menjalankan tahapan pengundian tata letak paslon Pilkada Badung 2020, Kamis (24/9/2020). Paslon Giriasa menempati posisi kanan di surat suara, sedangkan kolom kosong sebagai “penantang yang sah” menempati posisi di sebelah kiri.

“Sesuai dengan PKPU 5 tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal, hari ini dilakukan pengundian. Karena hanya diikuti satu pasangan calon, maka bahasanya pengundian tata letak posisi pasangan calon,” kata Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta,  usai kegiatan di Hotel Patra Bali itu.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh diutarakan, pengundian paslon tertuang dalam SK KPU No. 1689/PL.02.3-Kpt/5103/KPU-Kab/IX/2020 tentang Pengundian dan Pengumuman Tata Letak Posisi Calon. Paket Giriasa kini resmi menempati posisi di kolom kanan surat suara, dan itu berarti kolom paslon ini berisi gambar. Tahapan ini dijalankan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan PKPU 13/2020. “Ketika tadi diperoleh hasil yang kanan letak posisi pasangan calon, ini berdampak kepada alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye (BK), dan desain surat suara,” imbuh Kayun, sapaan akrabnya.

Baca juga :  Pasien Sembuh di Denpasar Melonjak 23, Positif 16, Meninggal 1 Orang

Secara teknis, dia menyebut desain surat suara hanya menyediakan dua kolom. Satu kolom berisi foto paslon Giriasa yang letaknya di kanan, sedangkan di kiri kolom tidak berisi gambar sama sekali alias kolom kosong. Setelah dipastikan menempati kolom kanan, paket Giriasa diminta untuk berkomitmen mematuhi protokol kesehatan selama pemilihan untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19. Komitmen itu diwujudkan dengan deklarasi dan penandatanganan pakta integritas.

Mengenai tahapan berikutnya, kata Kayun, tanggal 26 September dimulai masa kampanye. Periode kampanye dilakukan selama 71 hari, sampai dengan 5 Desember mendatang. Secara prinsip, mekanisme dan pola, ulasnya, kampanye tetap sama. Kalaulah ada pembeda itu hanya karena dilakukan oleh satu paslon belaka.

“Jika ada dua atau tiga paslon, mereka akan berbagi (waktu kampanye). Kalau sekarang ini, karena satu paslon, ya mereka memiliki waktu sepenuhnya,” ulas Kayun.

Bagaimana dengan tahapan debat paslon? Menurut Kayun, debat paslon tetap dilakukan sesuai dengan mekanisme dan peraturan KPU. Hanya, karena paslon tunggal, istilahnya menjadi pendalaman visi dan misi oleh panelis. Khusus mengenai dana kampanye per tanggal 23 September 2020, KPU Badung menyerahkan surat pengantar terkait dengan pembukaan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK).

“Kami akan tegaskan kembali terkait pola siapa yang diberi wewenang, dan nilai jumlahnya berapa. Dengan begitu pada akhir pilkada kami sampaikan kepada publik berapa alokasi dana kampanye dari paslon ini,” pungkasnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.