Karya Ngusaba Purnama Kadasa di Pura Ulundanu Batur, Umat Dilarang Ajak Balita

  • Whatsapp
KODIM Bangli dan Satgas Gotong Royong Desa melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat menjelang karya Ngusaba Purnama Kadasa di Pura Ulundanu Batur. foto: ist

BANGLI – Persiapan menjelang karya Ngusaba Purnama Kadasa di Pura Ulundanu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali terus digencarkan. Untuk keamanan dan kelancaran upacara, umat (pemedek) di seluruh Bali yang hendak ngaturang bakti diminta tidak mengajak balita atau lansia.

Imbauan tersebut merupakan kesepakatan antara desa adat setempat maupun Jro Gede Batur. “Walaupun kita sudah melakukan standar prokes (protokol kesehatan) Covid-19, tapi balita maupun lansia rentan tertular,” kata Kapolres Bangli, AKBP IGA Dhana Aryawan, Jumat (26/3/2021).

Bacaan Lainnya

Dia menguraikan, untuk pengamanan upacara besar ini, Polres menyiapkan 98 personel yang diambil dari masing-masing polsek secara bergiliran setiap hari selama karya berlangsung. Untuk menerapkan prokes, pamedek maksimal 250 orang per gelombang dengan dibatasi dua meter masing-masing pamedek hingga sampai madya mandala pura.

Pamedek masuk ke areal pura harus memakai masker, mencuci tangan, dicek suhu tubuh, sekaligus dihitung jumlahnya. “Di utama mandala maupun madya mandala sudah ada petugas yang mengatur jarak dan sudah ada garis batasnya. Untuk mengantisipasi kemacetan, akan dilakukan sistem buka-tutup mulai dari patung Dewi Sri, sekitar tujuh kilometer dari pura,” terangnya.

Sebelumnya, Kodim Bangli dan Satgas Gotong Royong Desa melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat yang akan menjadi objek kegiatan. Seperti pos pecalang, rumah Jero Gede Batur Duuran maupun Alitan, dan tempat lainnya.

Baca juga :  Tambah 7 Pasien Covid-19 Tutup Usia, Bali Ranking Lima Nasional Kasus Meninggal Harian

Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf. I Gde Putu Suwardana, berkata jajarannya bersama instansi terkait berkomitmen menjaga protokol kesehatan secara ketat. Selain penyemprotan disinfektan di Pura Ulundanu Batur, personelnya bersama Satgas juga melakukan disinfeksi di Desa Manikliyu dan pembagian masker di Desa Kintamani. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.