KAMI Dilarang Gunakan Atribut NU

  • Whatsapp
H. Lalu Winengan. Foto: ade
H. Lalu Winengan. Foto: ade

LOBAR – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTB merespons rencana deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), yang rencananya digelar Selasa (29/9/2020) hari ini di Kecamatan Kediri, Lobar.

Wakil Ketua PWNU NTB, H. Lalu Winengan, terkait itu menegaskan bahwa deklarasi KAMI itu tidak ada kaitan dan sangkut pautnya dengan NU. ”Kami mengimbau kepada seluruh kader NU dan warga Nahdliyin, bahwa acara itu tidak ada kaitannya dengan NU,” kata Senin (28/9/2020).

Bacaan Lainnya

Winengan mengatakan, ia sudah berkoordinasi dengan Ketua Tanfidziah PWNU NTB Prof Masnun Tahir, berkaitan dengan deklarasi KAMI. Imbauan yang ia keluarkan, juga berdasarkan arahan dari Ketua PWNU.

Deklarasi KAMI hari ini, disebut Winengan merupakan kegiatan pribadi dari TGH Muchlis Ibrahim. Deklarasi rencananya digelar di pondok pesantren yang diasuh TGH Muchlis. ”Acara pribadi TGH Muchlis, selaku tuan rumah juga itu. Jadi tidak ada sangkut pautnya dengan NU,” ujarnya.

Karena tidak berkaitan dengan NU, Winengan meminta peserta yang hadir atau panitia acara, tidak menggunakan atribut NU. ”Kita larang gunakan atribut NU. Tidak boleh,” tegas Winengan.

Meski begitu, ia tidak memberi larangan khusus kepada kader NU atau warga Nahdliyin. Apabila hendak hadir ke acara deklarasi KAMI silakan, selama mereka tidak mengenakan dan membawa atribut yang NU. ”Kalau ada yang mau datang, silakan. Tapi, itu bukan representasi NU. Hak pribadi masing-masing orang,” tuturnya.

Baca juga :  Klub-klub Liga 1 dan 2 Tunggu Kejelasan Subsidi

Kata Winengan, NU merupakan organisasi yang mengawal jalannya pemerintahan yang sah. Tidak ada berkaitan dengan orang maupun kelompok, yang menolak dan bertentangan dengan pemerintah.

Selain itu, deklarasi yang bakal digelar di salah ponpes di Kecamatan Kediri, juga disayangkan Winengan. Ia menyebut tidak elok apabila ponpes dan TGH Muchlis mendukung acara tersebut. Sebab, TGH Muchlis Ibrahim sendiri merupakan keluarga besar dari KH Ma’ruf Amin. Wakil Presiden Indonesia saat ini.

”Nanti saya akan buat memori laporan kepada KH Ma’ruf dan TGH Lalu Turmudzi Badaruddin selaku rois syuriah PWNU NTB, bahwa acara itu dilaksankan di ponpes tersebut,” tandasnya. 033

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.