Jendrika Serukan Jaga Kelestarian Bahasa, Aksara dan Sastra Bali

PENJABAT Bupati Jendrika saat membuka Bulan Bahasa Bali tingkat Kabupaten di halaman Museum Semarajaya, Senin (5/2/2024). Foto: ist

POSMERDEKA.COM, KLUNGKUNG – Melihat antusiasme warga di desa terkait pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ke-VI, Pemkab Klungkung juga menggelar Bulan Bahasa Bali tingkat kabupaten. Hal ini sebagai implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 80/2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Antusiasme terlihat saat resmi dibukanya Bulan Bahasa Bali tahun 2024 di Kabupaten Klungkung oleh Penjabat Bupati I Nyoman Jendrika, di halaman Museum Semarajaya, Senin (5/2/2024). Temanya adalah Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga yang akan berlangsung selama tiga hari hingga 7 Februari mendatang.

Bacaan Lainnya

Jendrika mengatakan, Bulan Bahasa Bali merupakan sarana menjaga kelestarian, kejayaan bahasa, aksara dan sastra Bali. Menurutnya kegiatan ini salah satu cara memastikan bahasa, aksara dan sastra Bali akan terus ada hingga digunakan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Klungkung sangat mengapresiasi dilaksanakannya Bulan Bahasa Bali ke-VI. Dengan kegiatan ini diharapkan bahasa, aksara dan sastra Bali yang merupakan warisan leluhur akan semakin dan selalu terjaga kelestariannya. Tidak hanya saat dilaksanakannya festival ini, tapi bahasa, sastra dan aksara Bali supaya bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari,” ajaknya.

Kepala Dinas Kebudayaan Klungkung, I Ketut Suadnyana, menambahkan, berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan acara. Di antaranya Festival Nyurat Aksara Bali di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, dengan menghadirkan 500 peserta dari siswa tingkat SD, SMP dan juga Madrasah. Selain itu akan digelar lomba debat berbahasa Bali, lomba nyurat lontar serta lomba pidato berbahasa Bali. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.