Jelang MotoGP, Penumpang di Bandara Lombok Naik 5 Kali Lipat

PENUMPANG di Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terus meningkat menjelang event MotoGP Mandalika. Foto: rul

MATARAM – PT Angkasa Pura I mempersiapkan skenario operasional dan mitigasi potensi risiko untuk memastikan kelancaran pelaksanaan MotoGP 2022 yang akan digelar di Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan, sebanyak 2.592 slot penerbangan telah tersedia di Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk mendukung pelaksanaan MotoGP 2022.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini sebanyak 609 slot telah terisi dan masih ada sekitar 1.983 slot penerbangan yang tersedia untuk dapat dimaksimalkan oleh maskapai yang ingin mengajukan extra flight.

“Selama periode pelaksanaan event 17-22 Maret 2022, Bandara Internasional Lombok diperkirakan akan melayani hingga 18.800 penumpang per hari, meningkat 5 kali lipat jika dibandingkan dengan rata-rata harian selama pandemi yang hanya 3.500 penumpang per hari,” jelas Faik Fahmi dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2022).

Ia menegaskan, untuk mendukung kelancaran penanganan kedatangan seluruh pebalap, kru, ofisial tim dan seluruh penonton, AP I menyiagakan sebanyak 260 personel per sif.

Di mana, lanjut Faik, jumlah tersebut terdiri dari pegawai internal seperti aviation security, terminal service officer, customer service, facility care, dan pihak eksternal seperti petugas imigrasi, ground handling, Bea Cukai, KKP, panitia MGPA, dan Satgas Covid-19.

Baca juga :  Dalam Seminggu, Bali 5 Kali Pecah Rekor Kasus Harian Positif Covid-19

“Angkasa Pura I bersama seluruh stakeholder berkomitmen untuk memastikan kelancaran operasional dan mengantisipasi potensi risiko yang dapat mempengaruhi kelangsungan perhelatan MotoGP 2022,” tandas dia.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Bandara Lombok, Arif Hariyanto, membenarkan adanya kenaikan penumpang menjelang perhelatan MotoGP Mandalika.

‘’Alhamdulillah, memang ada peningkatan lonjakan penumpang. Ini dipicu karena faktor adanya pelonggaran syarat penerbangan, juga karena menjelang perhelatan MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika,’’ kata Arif. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.