Gebyar Vitamin A untuk Balita Digelar di Sanur Kaja

  • Whatsapp
KETUA TP PKK Kota Denpasar, Selly Mantra,memberikan vitamin A kepada salah seorang balita di Banjar Batan Poh, Desa Sanur Kaja, Selasa (25/2/2020).
KETUA TP PKK Kota Denpasar, Selly Mantra,memberikan vitamin A kepada salah seorang balita di Banjar Batan Poh, Desa Sanur Kaja, Selasa (25/2/2020).

DENPASAR – Sebagai upaya mendukung kesehatan masyarakat termasuk di dalamnya balita, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan memberikan vitamin A secara serentak kepada balita. Kegiatan rutin tahunan ini digelar setiap bulan Februari dan Agustus. Gebyar Vitamin A kali ini dilaksanakan di Banjar Batan Poh, Desa Sanur Kaja, pada Selasa (25/2/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Denpasar, IA. Selly Mantra didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Antari Jaya Negara, serta OPD terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Selly Mantra dalam sambutannya mengatakan, anak balita, anak usia sekolah, dan ibu hamil merupakan kelompok rawan gizi yang sangat perlu mendapat perhatian khusus karena dampak negatif yang ditimbulkan apabila menderita kekurangan gizi. Pemberian makanan tambahan yang berfokus baik pada zat gizi makro maupun zat gizi mikro bagi balita dan ibu hamil sangat diperlukan untuk mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah dan balita pendek (stunting).

Sementara itu, pemberian vitamin A memiliki manfaat yang besar dalam mendukung kesehatan bayi. Vitamin A sangat baik untuk mendukung pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibody, juga integritas sel epitel pelapis tubuh. “Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea, dan kebutaan,” jar Selly.

Baca juga :  Minim Koleksi Buku, Kunjungan ke Perpusda Berkurang

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti, mengatakan Gebyar Integritas Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan serta Pemberian Vitamin A Kota Denpasar secara serentak ini dilaksanakan langsung menyasar desa/kelurahan dengan melibatkan posyandu, puskesmas, TK/PAUD, dan pusat layanan kesehatan lainnya.

“Balita berusia 6 – 11 bulan diberikan vitamin A biru dan balita 12- 59 bulan diberikan vitamin A merah. Masyarakat dapat memperoleh vitamin A pada posyandu yang digelar rutin dan sistem jemput bola dengan menyasar TK/PAUD atau puskesmas dan layanan kesehatan lainnya,” katanya. 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.