Gandeng Polisi-TNI Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Denpasar Buka Kotak Suara

  • Whatsapp
PROSES pembukaan kotak suara oleh komisioner KPU Denpasar disaksikan Bawaslu Denpasar dan personel Polresta Denpasar, Jumat (26/3/2021). Foto: ist
PROSES pembukaan kotak suara oleh komisioner KPU Denpasar disaksikan Bawaslu Denpasar dan personel Polresta Denpasar, Jumat (26/3/2021). Foto: ist

DENPASAR – Kepolisian dan kesatuan militer memiliki peran tersendiri dalam proses pemutakhiran data pemilih 2024. Adanya personel Polri dan TNI yang pensiun atau warga sipil menjadi anggota Polri/TNI, itulah soalnya. “Untuk melacak data-data tersebut, kami berkoordinasi dengan Polresta Denpasar dan Kodim 1611//Badung,” kata Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsajaya, Minggu (28/3/2021).

Lebih jauh diuraikan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dijalankan untuk menyiapkan tahapan Pilkada Serentak 2024. Untuk itu, KPU mendata berapa warga ber-KTP Denpasar yang menjadi anggota Polri dan TNI. Sebab, ketika seseorang menjadi personel dua institusi itu, mereka otomatis kehilangan hak pilihnya dalam pemilu. Sebaliknya, jika ada personel Polri dan TNI yang purnatugas, maka mereka mendapat hak pilih dalam politik.

Bacaan Lainnya

Instansi lain yang digandeng, sambungnya, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Denpasar. Yang dicari adalah terkait mutasi penduduk, dan penduduk yang sudah berusia 17 tahun, untuk perbaikan elemen data. “Besok (hari ini) kami akan pleno untuk pemutarkhiran data pemilih berkelanjutan dengan mengundang Bawaslu, Polresta Denpasar, serta parpol peserta Pemilu 2019,” urainya.

Terkait kegiatan pembukaan kotak suara Pilkada 2020 pada Jumat (26/3/2021), Arsajaya berujar hal itu juga bagian dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Data pemilih pada Pilkada 2020 itu, sebutnya, diperbarui dengan memasukkan data pemilih yang belum terdaftar di DPT tapi hadir di TPS. Dari kotak suara diambil form C daftar hadir pemilih tambahan dan form lain yang dibutuhkan. Selain terkait Pilkada 2024, membuka kotak suara juga untuk mengumpulkan logistik Pilkada 2020 yang diretensi atau dapat dimusnahkan.

Baca juga :  Gubernur Koster Bangga Motif Kain Gringsing Hiasi Uang HUT ke-75 RI

“Nanti kotak suara dan surat suara itu ditimbang untuk diretensi, tentu setelah mengajukan ke ANRI. Pembukaan kotak suara disaksikan Bawaslu Denpasar dan Polresta Denpasar,” terangnya.

Sejak Jumat (26/3/2021), KPU baru membuka kotak lima dari 43 desa yang ada di Denpasar dengan total 1.202 TPS. “Kami ambil form C daftar hadir di semua TPS, ini masih berproses, kemungkinan maksimal lima hari baru selesai,” pungkasnya.

Di kesempatan terpisah, anggota Bawaslu Denpasar, Nyoman Putra Wiratma, menilai proses pembukaan kotak suara oleh KPU sudah sesuai prosedur. Sesuai perintah KPU RI, kata dia, pembukaan kotak suara boleh dilakukan paling cepat satu bulan setelan pelantikan paslon terpilih. “KPU sudah berproses dengan mengundang Bawaslu dan Polresta Denpasar sebagai saksi. Pembukaan kotak suara itu untuk pemutakhiran data pemilih,” ucapnya.

Agar mendapat hasil terbaik, Wiratma berharap KPU lebih teliti dalam pemutakhiran data. Sebab, bisa saja ada orang tercantum di DPT, tapi karena suatu hal, dia terdaftar juga di DPT Tambahan. “Kami berharap dengan dilakukan pemutakhiran data berkelanjutan, tiap bulan data pemilih makin akurat dan valid, baik pemilih baru maupun pindahan, serta pendataan warga yang meninggal,” pesannya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.