Duta Anak Bangli 2021 Diseleksi

  • Whatsapp
BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menghadiri Grandfinal Pemilihan Duta Anak Bangli tahun 2021 di wantilan Desa Adat Penglipuran, Rabu (23/6/2021). foto: ist

BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menghadiri Grandfinal Pemilihan Duta Anak Bangli tahun 2021 di wantilan Desa Adat Penglipuran, Rabu (23/6/2021). Turut hadir Ketua TP PKK Bangli, Sariasih Sedana Arta, serta pimpinan OPD terkait di Pemkab Bangli.

Ketua Panitia, Komang Riska Cahya Ningrum, melaporkan, kegiatan ini bertujuan memilih insan-insan unggulan dalam menyuarakan hak anak. Pun untuk memilih lima duta anak yang akan mewakili Bangli dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Bali. Tema lomba tahun ini adalah “Berkarya, Berbakti dan Menginspirasi di Tengah Pandemi”.

Bacaan Lainnya

Tema tersebut, katanya, diharap dapat memotivasi serta menumbuhkan jiwa kreatif, produktif, dan inovatif pada diri anak di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Dengan begitu dapat tumbuh dan terpelihara kreativitas serta produktivitas anak, dan memberi banyak pengalaman kepada anak dalam mewujudkan anak-anak Bangli yang lebih baik. “Dari 20 peserta grandfinal ini, akan dipilih duta anak sebanyak 10 orang yang terdiri dari lima duta anak dan lima runner up,” urainya.

Ketua Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bangli, Putu Erna Sintya Wati, menambahkan, lembaganya merupakan organisasi anak yang dibina langsung oleh Pemkab Bangli melalui Dinas PPKBP3A. Organisasi ini dibentuk untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak, dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Dia berharap aspirasi anak-anak di Bangli dapat tersalurkan dengan sebaik-baiknya, sehingga sebagai generasi muda dapat berpartisipasi dalam setiap tahap pembangunan.

Baca juga :  Surfing Tambah Daftar Atlet Indonesia Lolos Olimpiade Tokyo

Sedana Arta dalam sambutannya menguraikan, sebagai generasi penerus bangsa, keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapat perhatian serius. Caranya dengan memberi perlindungan agar mereka terhindar dari hal-hal yang dapat merusak pertumbuhan dan perkembangannya.

“Perlindungan terhadap anak bertujuan menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia. Serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, sehingga terwujud anak bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera,” ulasnya.

Sebagai wujud kepedulian dan perhatian besar terhadap anak-anak, terangnya, Pemkab Bangli membentuk FAD serta berkomitmen mewujudkan partisipasi anak dengan memfasilitasi keberadaan forum anak. Dengan begitu mereka dapat memberi masukan dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah, dalam mewujudkan kepentingan terbaik bagi anak.

Dia turut menekankan agar anak-anak memiliki andil yang besar untuk turut terlibat dalam setiap kegiatan. “Sebab, forum anak sebagai penghubung aspirasi anak, akan lebih mudah berkomunikasi jika komunikasi yang dilakukan adalah dengan teman sebaya atau sesama anak-anak lainnya,” ujarnya menandaskan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.