Dukung PTM, Bus Sekolah Beroperasi Kembali

  • Whatsapp
KADISHUB Gianyar, I Wayan Suamba. foto: adi

GIANYAR – Lama tidak beroperasi karena siswa belajar di rumah, bus angkutan siswa mulai diuji coba kembali. Pengoperasian angkutan siswa itu diharap bisa memperlancar pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang mulai diberlakukan di Kabupaten Gianyar, Bali. Hal itu diungkapkan Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba, Jumat (26/3/2021).

Lebih lanjut diungkapkan, dalam pengoperasian angkutan siswa ini yang menjadi perhatian utama penerapan protokol kesehatan (prokes). Suamba menjelaskan, uji coba dilakukan sebagai simulasi dari penerapan prokes dengan mengatur tempat duduk dengan jarak tertentu sesuai prokes.

Bacaan Lainnya

“Kapasitas armada angkutan siswa hanya diisi 50 persen, agar siswa aman dan nyaman sesuai prokes. Dari kapasitas 20 kursi, diisi maksimal hanya 10 kursi,” tegasnya. Karena kapasitas dibatasi, lanjutnya, harus dibuatkan jadwal agar semua siswa yang menggunakan angkutan siswa bisa terlayani dengan baik.

Pengaturan pemberangkatan angkutan siswa ini dijadwal ulang, agar siswa tidak sampai terlambat masuk kelas mengikuti PTM. Angkutan siswa yang diuji coba antara lain jurusan Lebih – Kesian – Serongga – Abianbase – Bona.

Ini termasuk uji coba angkutan siswa jurusan Lebih-SMP 3 Blahbatuh. “Kami operasikan enam unit bus kecuali untuk jurusan Gianyar. Uji coba ini sekalian evaluasi dan memantau perkembangan kebutuhan angkutan siswa,” tuturnya.

Baca juga :  Pesta Miras Saat Pandemi, Satgas Desa Peguyangan Kangin Amankan 8 Warga Luar Bali

Suamba kembali memastikan jumlah armada yang disiapkan tetap seperti tahun 2020, yakni angkutan perdesaan sebanyak 204 armada dan bus sebanyak 12 unit. “Operasional angkutan siswa tersebut sedang proses administrasi dengan pihak ketiga, Damri, sebagai operator angkutan siswa gratis,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.