Dukung Pengembangan Usaha, Dinas Dagperinkop UKM Buleleng Bakal Bangun PLUT

  • Whatsapp
KEPALA Dinas Dagperinkop UKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta. Foto: rik
KEPALA Dinas Dagperinkop UKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta. Foto: rik

BULELENG – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dagperinkop UKM) Buleleng bakal membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). PLUT yang dibangun ini sebagai fasilitas pengembangan usaha Koperasi dan UKM terutama dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Dinas Dagperinkop UKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta, mengatakan, dengan melihat geliat perkembangan koperasi dan UKM di Buleleng, pihaknya berencana akan membangun PLUT. ‘’Di tahun ini sudah teralokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Koperasi dan UKM untuk rencana pembangunan pusat layanan usaha terpadu,’’ kata Dewa Sudiarta, Senin (22/11/2021) siang.

Bacaan Lainnya

Rencananya, PLUT dibangun di dekat areal Kolam Renang Nirmala Asri, Kelurahan Banyuasri. Dengan begitu diharapkan, PLUT nantinya dapat menjadi wadah aktivitas dari program kegiatan koperasi dan UKM. Bahkan, PLUT yang dibangun dengan fasilitas seperti ada ruang perpustakaan, ruang pelatihan dan ruang co-working space.

Selain itu, juga disiapkan sejumlah ruang inkubator bisnis yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis berbagai sektor. ‘’Nanti akan ada 4 inkubator bisnis yang kami dirancang, antara lain inkubator bisnis kuliner, agribisnis, handicraft, termasuk digitalisasi,’’ jelas Dewa Sudiarta.

Untuk dapat mendukung aktivitas pengembangan koperasi dan UKM itu, nantinya juga akan ditugaskan sejumlah konsultan atau tenaga pendamping ahli pada fasilitas pelatihan dan inkubator tersebut. Pembangunan PLUT tersebut rencananya akan dirampungkan di tahun 2022 nanti.

Baca juga :  Kabar Baik, Pasien Covid-19 Sembuh di Bali Melonjak 135 Orang

PLTU ini diharapkan menjadi peluang bagi pelaku koperasi dan UKM di Buleleng dalam mengembangkan diri. ‘’Kami berharap nanti, dengan fasilitas yang ada beserta sarana dan prasarana yang ada, betul-betul dapat dimanfaatkan dengan baik,’’ pungkas Dewa Sudiarta. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.