Dukung ANBK 2021, Disdikpora Denpasar Selenggarakan Pelatihan Proktor

  • Whatsapp
PELATIHAN proktor ANBK untuk satuan pendidikan jenjang SMP yang diselenggarakan Disdikpora Kota Denpasar, Kamis (2/9/2021). Foto: ist
PELATIHAN proktor ANBK untuk satuan pendidikan jenjang SMP yang diselenggarakan Disdikpora Kota Denpasar, Kamis (2/9/2021). Foto: ist

DENPASAR – Asesmen Nasional merupakan program pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program pendidikan kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Gambaran mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, serta iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

‘’Asesmen Nasional berguna untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan. Jadi, Asesmen Nasional lebih mengevaluasi kinerja sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran,’’ kata Kabid Pembinaan SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Gede Wiratama, Kamis (2/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menyadari pentingnya peran proktor dalam kesuksesan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menggelar pelatihan proktor ANBK untuk satuan pendidikan jenjang SMP. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 81 perwakilan SMP negeri dan swasta yang ada di Kota Denpasar. Mereka dibagi dalam tiga digelombang hingga Sabtu (4/9).

Wiratama menjelaskan, pelatihan proktor ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada proktor sekolah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan ANBK di sekolahnya masing-masing. Ia berharap para proktor turut membantu jalannya ANBK tahun 2021.

Menurutnya, proktor andal dapat menyukseskan penyelenggaraan ANBK sehingga mendongkrak mutu lembaga pendidikan. ‘’Proktor andal dapat menyukseskan ANBK,’’ imbuhnya.

Baca juga :  3.026 Pasien Covid-19 di Bali Telah Sembuh, 455 Masih Dirawat

Ditambahkan Agung Wiratama, semua pihak dapat bersinergi, tak hanya itu lebih lanjut dirinya menghimbau menjelang pelaksanaannya nanti segala sarana dan prasarana dapat dipersiapkan dengan baik. ‘’Guna meningkatkan kompetensi ANBK, semua harus bersinergi dalam mempersiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya, karena ANBK merupakan tolak ukur keberhasilan jalur pendidikan,’’ pungkasnya.

Para peserta pelatihan ini diajak mengenal aplikasi dan alat-alat yang digunakan dalam pelaksanaan ANBK. Selain itu, peserta akan diajarkan bagaimana kiat-kiat maupun cara mengatasi manakala terjadi permasalahan teknis, serta diedukasi mengenai kebijakan ANBK.

Para peserta kegiatan merasa terbantu dengan adanya pelatihan proktor ANBK yang diselenggarakan oleh Disdikpora Kota Denpasar. Menurut mereka, acara ini cukup bermanfaat untuk mempersiapkan pelaksanaan ANBK September ini. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.